Advertisement

LARANGAN MENGKULTUSKAN ULAMA

💡LARANGAN MENGKULTUSKAN ULAMA💡

Alloh ta'ala berkata:

ٱتَّخَذُوٓا۟ أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَٰنَهُمْ أَرْبَابًا مِّن دُونِ ٱللَّهِ وَٱلْمَسِيحَ ٱبْنَ مَرْيَمَ وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوٓا۟ إِلَٰهًا وَٰحِدًا ۖ لَّآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ سُبْحَٰنَهُۥ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Mereka (ahlul kitab) menjadikan pendeta-pendetanya (para alimnya) dan rahib-rahib (para ahli ibadah) mereka sebagai tuhan selain Alloh dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka tidaklah disuruh kecuali hanya untuk menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada yang berhak disembah selain Dia. Maha suci Alloh dari apa yang mereka persekutukan. (At Taubah: 31)

Berkata Syaikh Ibnu Nashir Assa'dy rohimahulloh:

 {اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ} وهم علماؤهم {وَرُهْبَانَهُمْ} أي: العُبَّاد المتجردين للعبادة.
{أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ} يُحِلُّون لهم ما حرم الله فيحلونه، ويحرمون لهم ما أحل الله فيحرمونه، ويشرعون لهم من الشرائع والأقوال المنافية لدين الرسل فيتبعونهم عليها.
وكانوا أيضا يغلون في مشايخهم وعبادهم ويعظمونهم، ويتخذون قبورهم أوثانا تعبد من دون الله، وتقصد بالذبائح، والدعاء والاستغاثة.
{وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ} اتخذوه إلها من دون الله، والحال أنهم خالفوا في ذلك أمر الله لهم على ألسنة رسله فما {أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لا إِلَهَ إِلا هُوَ} فيخلصون له العبادة والطاعة، ويخصونه بالمحبة والدعاء، فنبذوا أمر الله وأشركوا به ما لم ينزل به سلطانا.
{سُبْحَانَهُ} وتعالى {عَمَّا يُشْرِكُونَ} أي: تنزه وتقدس، وتعالت عظمته عن شركهم وافترائهم، فإنهم ينتقصونه في ذلك، ويصفونه بما لا يليق بجلاله، والله تعالى العالي في أوصافه وأفعاله عن كل ما نسب إليه، مما ينافي كماله المقدس.
[عبد الرحمن السعدي ,تفسير السعدي = تيسير الكريم الرحمن ,ص: ٣٣٤]

LARANGAN MENGKULTUSKAN ULAMA


Mereka (yahudi dan nashrani) {اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ} (menjadikan pendeta-pendetanya) yakni para ulama mereka, {وَرُهْبَانَهُمْ} (dan rahib-rahibnya) yaitu para rahib yang sepenuhnya mendalami ibadah, {أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ} (sebagai tuhan-tuhan selain Alloh) yang menghalalkan bagi mereka apa yang Alloh haramkan, maka mereka pun menghalalkannya, dan mengharamkan bagi mereka apa yang Alloh halalkan, maka mereka pun mengharamkannya, serta menetapkan syariat dan perkataan yang bertentangan dengan agama para rasul, lalu mereka mengikutinya.

Mereka juga berlebihan dalam menghormati para syaikhnya dan ahli ibadah mereka dan mereka mengkultuskannya, serta menjadikan kuburan mereka sebagai berhala-berhala yang disembah selain Alloh, ditujukan untuk sembelihan, doa, dan permohonan pertolongan.

Dan {وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ} (AlMasih bin Maryam) mereka jadikan juga sebagai sembahan selain Alloh, padahal mereka telah menyelisihi perintah Alloh yang disampaikan melalui lisan para rosul-Nya, yang mereka tidak diperintahkan kecuali hanya untuk menyembah sembahan yang satu. {لا إِلَهَ إِلا هُوَ} tiada yang berhak disembah selain Dia, dan mereka diminta untuk mengikhlaskan ibadah dan ketaatan hanya kepada-Nya, serta mengkhususkan cinta dan doa hanya kepada-Nya. Namun, mereka meninggalkan perintah Alloh dan mempersekutukan-Nya dengan sesuatu yang tidak diturunkan petunjuk untuk itu.

Sungguh {سُبْحَانَهُ} Maha Suci Dia {عَمَّا يُشْرِكُونَ} dari apa yang mereka sekutukan. Artinya, Alloh maha bersih dan suci, serta maha agung dari segala bentuk kesyirikan dan kebohongan yang mereka buat, karena mereka dengan demikian merendahkan-Nya dan menggambarkan-Nya dengan sesuatu yang tidak layak bagi kemuliaan-Nya. Alloh Ta'ala Maha Tinggi dalam sifat-sifat dan perbuatan-Nya dari segala hal yang disandarkan kepada-Nya yang bertentangan dengan kesempurnaan-Nya yang suci.

📚(Tafsi Assa'dy: hal. 334)

Telegram: ilmui
WA: ilmui
#share_gratis, #tanpa_logo, #tanpa_minta_donasi, #tanpa_yayasan

Post a Comment

0 Comments