Advertisement

DISYARIATKANNYA PERNYATAAN BERLEPAS DIRI DARI PERJANJIAN YANG CURANG

⛓‍💥 DISYARIATKANNYA PERNYATAAN BERLEPAS DIRI DARI PERJANJIAN YANG CURANG⛓‍💥

Alloh ta'ala berkata:

{بَرَاءَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى الَّذِينَ عَاهَدْتُمْ مِنَ الْمُشْرِكِينَ * فَسِيحُوا فِي الأرْضِ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِي اللَّهِ وَأَنَّ اللَّهَ مُخْزِي الْكَافِرِينَ} .

(Inilah pernyataan) Berlepas dirinya (pemutusan hubungan) Alloh dan Rosul-Nya kepada orang-orang musyrikin yang kalian (kaum muslimin) telah mengadakan perjanjian (dengan mereka). (At Taubah: 1) 

Berkata Syaikh Ibnu Nashir Assa'dy rohimahulloh:

أي: هذه براءة من الله ومن رسوله إلى جميع المشركين المعاهدين، أن لهم أربعة أشهر يسيحون في الأرض على اختيارهم، آمنين من المؤمنين، وبعد الأربعة الأشهر فلا عهد لهم، ولا ميثاق.
وهذا لمن كان له عهد مطلق غير مقدر، أو مقدر بأربعة أشهر فأقل، أما من كان له عهد مقدر بزيادة على أربعة أشهر، فإن الله يتعين أن يتمم له عهده إذا لم يخف منه خيانة، ولم يبدأ بنقض العهد.
ثم أنذر المعاهدين في مدة عهدهم، أنهم وإن كانوا آمنين، فإنهم لن يعجزوا الله ولن يفوتوه، وأنه من استمر منهم على شركه فإنه لا بد أن يخزيه، فكان هذا مما يجلبهم إلى الدخول في الإسلام، إلا من عاند وأصر ولم يبال بوعيد الله له.
[عبد الرحمن السعدي ,تفسير السعدي = تيسير الكريم الرحمن ,page 328]

Artinya: Ini adalah pernyataan berlepas diri (pemutusan hubungan) dari Alloh dan Rosul-Nya kepada semua orang musyrik yang terikat perjanjian, bahwa mereka diberikan waktu empat bulan untuk berjalan bebas di muka bumi sesuai pilihan mereka, dalam keadaan aman dari kaum mukminin. Setelah empat bulan, mereka tidak lagi memiliki perjanjian dan tidak ada lagi ikatan. 

Ini berlaku bagi mereka yang memiliki perjanjian umum tanpa batas waktu tertentu, atau yang perjanjiannya ditetapkan empat bulan atau kurang. Adapun yang perjanjiannya lebih dari empat bulan, maka Alloh mewajibkan untuk menyempurnakan perjanjiannya jika tidak dikhawatirkan adanya pengkhianatan dan mereka tidak memulai pelanggaran perjanjian.

Kemudian, mereka yang memiliki perjanjian diberi peringatan selama masa perjanjian mereka, bahwa meskipun mereka merasa aman, mereka tidak akan bisa melemahkan Alloh dan tidak akan bisa lolos dari-Nya. Dan bahwa siapa saja yang tetap dalam kesyirikannya, Alloh pasti akan menghinakannya. Hal ini mendorong mereka untuk masuk Islam, kecuali bagi yang keras kepala dan tetap dalam kekafirannya serta tidak peduli dengan ancaman Alloh.

📚[Tafsir As-Sa'di = Taisirul Karimir Rahman, hal. 328]

Telegram: ilmui
WA: ilmui

#share_gratis, #tanpa_logo, #tanpa_minta_donasi, #tanpa_yayasan

 #free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments