Advertisement

APA HUKUM MEMASANG BENDERA SAAT MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN?

 ⏳HUKUM MEMASANG BENDERA SAAT MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN.



📒 Soal dari group wa nashihatulinnisa 


👉🏼 Soal yang diajukan pada ulama Yaman.


السلام عليكم ورحمة الله ورحمة الله .


احسن الله إليك يا شيخنا .


ما حكم نصب العلم الوطني لمناسبة عيد الإستقلال، علما على ان رئيس القرية يحض ويناشد للمجتمع ان يفعلوا ذلك, ونحن نخاف إذا لم نفعله فيتهمنا من الخوارج والمعاندين على ولى الأمر؟؟؟ فما نصيحتك يا شيخنا؟؟


Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Ahsanallahu ilaika Ya syaikhana .


Apa hukum memasang bendera negara karena bersesuaian dengan acara kemerdekaan, dan perlu diketahui bahwasanya kepala desa mendorong dan menghimbau pada masyarakat untuk melakukan hal tersebut (memasang bendera di setiap rumah), dan kami khawatir jika tidak melakukannya, maka kami akan dicurigai dari golongan khawarij dan pembangkang atas pemerintah? Apa nasehatmu wahai Syaikh kami ??


🖋️ Jawaban Syaikhuna Thariq Al_Ba'dany hafidzahullah : 


[15/8 12:02] الشيخ طارق: وعليكم السلام ورحمه الله وبركاته

إنما الطاعة بالمعروف ينصح بذلك وان هذا الفعل فيه تعظيم العلم الوطني ولايجوز ذلك واننا لسنا بخوارج وهذا الفعل لايعد خروجا عرفا ولا شرعا ولاعقلا وأن أهل السنة والجماعة من أطوع الناس لولاة أمورهم والواقع يشهد بذلك على مر السنين .


Wa Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh .


Sesungguhnya ketaatan itu hanya pada perkara yang baik, dinasehati akan hal itu (tidak boleh), bahwa perbuatan ini (memasang bendera) didalamnya terdapat pengagungan bendera kenegaraan, dan itu tidak boleh, dan sesungguhnya kita bukanlah orang-orang khawarij (pembangkang dan keluar dari ketaatan pemerintah), dan perbuatan ini (dengan tidak memasang bendera) tidaklah teranggap sebagai bentuk khuruj (keluar dari ketaatan pemerintah) baik secara urf, tidak pula dari syariat, dan tidak pula dari sisi akal. Dan ahlus_Sunnah wal Jamaah dari manusia yang paling taat kepada pemerintah mereka, dan kenyataan membuktikan akan hal tersebut sepanjang tahun.


🖋️ Jawaban Syaikhuna Abdul Ghani Al_Umary hafidzahullah : 


هذا لا يجوز، هذا تقليد للكفار،نسال الله السلامة هذا تقليد لأعداء الإسلام، الأعلام هذه كلها جاءت والتنكيس ليست لها للعلاقة، بل احيانا يعظمونها اعظم التعظيم لبعض شعائر الإسلامية


Ini tidak boleh, dan ini bentuk taklid terhadap orang kafir, kita memohon kepada Allah keselamatan.


Dan ini bentuk taklid terhadap musuh-musuh Islam, dan bendera-bendera seluruhnya dan ketundukan terhadapnya tidak ada hubungan dengannya, bahkan kadang kadang mereka mengagungkan bendera dengan sebesar besar pengagungan dari pada sebagian dari syiar _ syiar Islam.


📚 Selesai penukilan



🖋️Jawaban Syaikh Al_Allamah Al_Muhaddits Salim Ied Al hilaly hafidzahullah ketika beliau di tanya :


ما حكم نصب العلم الوطني لمناسبة عيد الإستقلال؟


"Apa hukumnya memasang bendera negara karena bersesuaian hari kemerdekaan?


Jawaban beliau : 


الاصل ان هذه مناسبات غير شرعية فلا ينبغي المشاركة فيها ولكن اذا كان عدم فعل هذا الامر يترتب عليه مفسدة للانسان في مال او عرض او نفس فإن فعله لدفع الاذى وكذلك اذا كان يجرئ الخوارج والحزبيين على الدولة او ولي الامر فلا اثم عليه والله اعلم


Asalnya bahwa bertepatannya perayaan yang bukan syar'i, maka tidak sepantasnya untuk ikut serta padanya.


 Akan tetapi apabila tidak melakukan hal tersebut mengakibatkan bahaya bagi seseorang pada harta, kehormatan dan jiwanya, maka jika ia melakukannya untuk menolak gangguan tersebut, demikian halnya juga apabila hal tersebut menjadikan para Khowarij dan Hizbiyyun lancang berani (memberontak) terhadap negara dan penguasa, maka tidaklah mengapa untuk melakukan hal tersebut, waAlaahu a'lam."


📚Fatwa 6 Dzulqo'dah 1437 Hijriyah



✍🏻 Diterjemahkan :


Abu Hanan As-Suhaily.


12 Muharram 1443 - 21 Agustus 2021


Ikuti NashihatuLinnisa' di TELEGRAM  

Nashihatulinnisa

APA HUKUM MEMASANG BENDERA SAAT MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN?


Telegram: ilmui

Twitter X: ilmuisl

WA: ILMUI

il-mui.blogspot.com

#free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments