Advertisement

10 Tempat-Tempat Yang Tidak Boleh Sholat Padanya


  • عشرة أماكن لاتجوز الصلاة فيها:
  • 📖 10 Tempat-Tempat Yang Tidak Boleh Sholat Padanya:

    فائدة فقهية للعلامة المحدث الألباني رحمه الله

    ✅ Faedah Fiqih oleh Alallaamah Almuhaddits Alalbany rohimahulloh:</

    لا تجوز الصلاة في أماكن عشرة:

    Tidak boleh sholat di 10 tempat-tempat yaitu:

    الأول : المقبرة وهي الموضع الذي دفن فيه إنسان واحد
    ( لعنة الله على اليهود والنصارى اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد ) رواه البخاري ومسلم

    1⃣ Yang pertama: Kuburan yaitu tempat yang dikuburkan padanya seorang manusia.
    (Alloh melaknat Yahudi dan Nashroni yang mereka menjadikan kuburan Nabi-nabi mereka sebagai masjid) riwayat Albukhory dan Muslim.

    الثاني : المساجد المبنية على القبور
    ( إن أولئك إذا كان فيهم الرجل الصالح فمات بنوا على قبره مسجدا وصوروا فيه تلك الصور فأولئك شرار الخلق عند الله يوم القيامة ) أخرجه البخاري ومسلم

    2⃣ Yang kedua: Masjid yang dibangun di atas kuburan.
    (Sesungguhnya mereka itu jika ada diantara mereka laki-laki yang sholih lalu mati, mereka membangun di atas kuburnya sebuah masjid dan mereka melukis padanya lukisannya, maka mereka itu sejelek-jeleknya makhluq disisi Alloh pada hari kiamat) dikeluarkan oleh AlBukhory dan Muslim.

    الثالث : معاطن الإبل ومباركها
    ( صلوا في مرابض الغنم ولا تصلوا في أعطان الإبل ) وهو لفظ لأحمد .

    3⃣ Yang ketiga: area minum unta dan tempat menderumnya.
    (Sholatlah kalian di kandang kambing dan jangan sholat di area minum unta) dan ini (hadits) lafadhnya Imam Ahmad.

    الرابع: الحمام للحديث السابق
    ( الأرض كلها مسجد إلا المقبرة والحمام) .

    4⃣ Yang keempat: kamar mandi/wc berdasarkan hadits terdahulu.
    (Bumi itu semuanya tempat sujud kecuali kuburan dan kamar mandi).

    الخامس : كل موضع يأوي إليه الشيطان كأماكن الفسق والفجور.. والفجور وكالكنائس والبيع لحديث أبي هريرة رضي الله عنه قال : عرسنا مع نبي الله صلى الله عليه وسلم فلم نستيقظ حتى طلعت الشمس فقال النبي
    ( ليأخذ كل رجل برأس رحلته فإن هذا منزل حضرنا فيه الشيطان فلم يصل فيه)

    5⃣ Yang kelima: setiap tempat yang digemari syaiton seperti tempat-tempat kefasikan dan kefajiran, gereja dan jual beli, berdasarkan haditsnya Abi Huroiroh rodhiallohu'anhu beliau berkata: kami singgah (untuk istirahat) bersama Nabi shollallalohu'alaihi wa sallam lalu kami tidak bangun sampai terbit fajar, maka Nabi berkata: (agar setiap lelaki mengambil kepala tunggangannya karena sesungguhnya ini adalah tempat yang padanya kita ditemani syaiton maka beliau tidak sholat padanya).

    السادس : الأرض المغصوبة ولذلك كانت الصلاة في الأرض المغصوبة حراما بالإجماع كما نقله النووي

    6⃣ Yang keenam: tanah ghoshob (rampasan/curian) karena itulah sholat pada tanah yang dirampas/dicuri harom berdasarkan ijma sebagaimana dinukil oleh Annawawy.

    السابع : مسجد الضرار الذي بقرب قباء وكل مسجد بني ضرارا وتفريقا بين المسلمين
    لقوله تعالى : { والذين اتخذوا مسجدا ضرارا وكفرا وتفريقا بين المؤمنين وإرصادا لمن حارب الله ورسوله من قبل }

    7⃣ Yang ketujuh: Masjid dhiror yang dekat Kuba dan setiap masjid yang dibangun memudhorotkan dan memecah diantara kaum muslimin.
    Berdasarkan firman Alloh ta'ala: {dan orang yang menjadikan masjid untuk membahayakan dan kekufuran dan memecah diantara orang-orang yang beriman dan menanti bagi siapa yang memerangi Alloh dan RosulNya sebelum itu}.

    الثامن : مواضع الخسف والعذاب فإنه لا يجوز دخولها مطلقا إلا مع البكاء والخوف من الله تعالى
    لقوله عليه الصلاة والسلام [ لما مر بالحجر ] : ( لا تدخلوا البيوت على هؤلاء القوم الذي عذبوا[ أصحاب الحجر ] إلا أن تكونوا باكين فإن لم تكونوا باكين فلا تدخلوا عليهم فإني أخاف أن يصيبكم مثل ما أصابهم ) [ ثم قنع رسول الله رأسه [ بردائه وهو على الرحل ] وأسرع السير حتى أجاز الوادي ]

    8⃣ Yang kedelapan: Tempat-tempat penenggelaman dan adzab karena sesungguhnya tidak boleh memasukinya secara mutlak kecuali dengan tangisan dan rasa takut dari Alloh ta'ala, karena perkataannya 'alaihissholaatu wassalaam [ketika melewati daerah Alhijr]: (janganlah kalian memasuki rumah-rumah kaum ini yang mereka telah diadzab (yaitu penduduk Alhijr) kecuali kalian dalam keadaan menangis jika kalian tidak dalam keadaan menangis maka janganlah kalian masuk ke tempat mereka karena aku khowatir kalian akan ditimpa seperti apa yang telah menimpa mereka) [Kemudian Rosululloh menutup

    kepalanya [dengan selendangnya sedang beliau diatas tunggangannya] dan beliau mempercepat perjalanan sampai melewati lembah].

    التاسع : المكان المرتفع يقف فيه الإمام وهو أعلى من مكان المأمومين
    ( نهى رسول الله أن يقوم الإمام فوق شيء والناس خلفه - يعني : أسفل منه - ) أخرجه الدارقطني وأخرجه الحاكم

    9⃣ Yang ke sembilan: Tempat yang tinggi yang imam berdiri padanya yang dia lebih tinggi dari tempat para ma'mum (Rosululloh melarang Imam berdiri diatas sesuatu dan manusia dibelakangnya - yaitu lebih rendah darinya -) dikeluarkan oleh Addaaroquthny dan Al-Hakim.

    العاشر : المكان بين السواري يصف فيه المؤتمون
    صلينا خلف أمير من الأمراء فأضطرنا الناس فصلينا بين الساريتين [ فجعل أنس بن مالك يتأخر ] فلما صلينا قال أنس : كنا نتقي هذا على عهد رسول الله) الحديث أخرجه أبو داود والنسائي والترمذي والحاكم وأحمد في مسنده . __
    المصدر : الثمر المستطاب للعلامة الألباني - رحمه الله -

    🔟 Yang ke sepuluh: Suatu tempat diantara tiang yang bershof padanya para ma'mum.
    (Kami sholat dibelakang penguasa diantara para penguasa lalu manusia mendesak kami, maka kamipun sholat diantara dua tiang (lalu Anas bin Malik sengaja mundur) maka ketika kami selesai sholat berkata Anas: Sesungguhnya kami menjauhi ini ketika bersama Rosululloh) Alhadits, dikeluarkan oleh Abu Dawud dan Annasai dan At-Tirmidzi dan AlHakim dan Ahmad di Musnadnya.

    📚 Sumber: Atstsamarotul Mustathob oleh Alallaamah Alalbany rohimahulloh.

    📲 https://t.me/alfraid1/31


    Yang ke sepuluh: Suatu tempat diantara tiang yang bershof padanya para ma'mum. (Kami sholat dibelakang penguasa diantara para penguasa lalu manusia mendesak kami, maka kamipun sholat diantara dua tiang (lalu Anas bin Malik sengaja mundur) maka ketika kami selesai sholat berkata Anas: Sesungguhnya kami menjauhi ini ketika bersama Rosululloh) Alhadits, dikeluarkan oleh Abu Dawud dan Annasai dan At-Tirmidzi dan AlHakim dan Ahmad di Musnadnya.


    Telegram: @ilmui

    Twitter X: @ilmuisl

    WA: ILMUI

    https://il-mui.blogspot.com

    #share_free, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

    Post a Comment

    0 Comments