HARI DISEMPURNAKANNYA AGAMA

💡 HARI DISEMPURNAKANNYA AGAMA💡

Berkata Ibnu Katsir rohimahulloh 

قَالَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَلْحَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَوْلَهُ: {الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ} وَهُوَ الْإِسْلَامُ، أَخْبَرَ اللَّهُ نَبِيَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْمُؤْمِنِينَ أَنَّهُ أَكْمَلَ لَهُمُ الْإِيمَانَ، فَلَا يَحْتَاجُونَ إِلَى زِيَادَةٍ أَبَدًا، وَقَدْ أَتَمَّهُ اللَّهُ فَلَا يَنْقُصُهُ أَبَدًا، وَقَدْ رَضِيَهُ اللَّهُ فَلَا يَسْخَطُه أَبَدًا.
وَقَالَ أَسْبَاطٌ عَنِ السُّدِّيِّ: نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ يَوْمَ عَرَفَة، فَلَمْ يُنَزَّلْ بَعْدَهَا حَلَالٌ وَلَا حَرَامٌ، وَرَجَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَاتَ.
[ابن كثير ,تفسير ابن كثير ت سلامة ,3/26]

Ali bin Abi Tholhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firman Alloh: {Hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian agama kalian} (Almaaidah: 3) yaitu agama Islam. Alloh memberitahu Nabi-Nya shollallohu 'alaihi wa sallam dan orang-orang beriman bahwa Dia telah menyempurnakan iman bagi mereka, sehingga mereka tidak memerlukan penambahan lagi selamanya. Dan Alloh telah menyempurnakannya sehingga tidak akan berkurang selamanya, dan Allah telah meridhoinya sehingga tidak akan pernah memurkainya.
Dan Asbath meriwayatkan dari As-Suddi: Ayat ini turun pada hari Arafah, maka tidak ada lagi hukum halal atau haram yang diturunkan setelahnya, lalu Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam pulang kemudian wafat.
📚(Tafsir Ibnu Katsir, jilid 3, hal. 26)

Telegram: @ilmui, https://t.me/ilmui
share #gratis, tanpa #logo, tanpa minta #donasi, tanpa #yayasan

Komentar