Advertisement

SYARAT-SYARAT TAUBAT BAGI PARA PENYELISIH MANHAJ SALAF DARI PELAKU BID'AH DAN SELAINNYA

 

بسم الله الرحمن الرحيم


SYARAT-SYARAT TAUBAT BAGI PARA PENYELISIH MANHAJ SALAF DARI PELAKU BID'AH DAN SELAINNYA


هذه فتوى نفيسة سديدة في هذا الباب، للشيخ العالم زيد بن هادي المدخلي –رحمه الله- ذكر فيها شروط توبة المخالف لمنهج السلف، وهي شاملة للمبتدعة ومن دونهم، وهذا نص السؤال وجوابه: 


Ini adalah fatwa yang sangat berharga dalam bab ini, oleh Alalim Syaikh Zaid bin Hadi Al-Madkholy -rohomahulloh- dimana beliau menyebutkan syarat-syarat untuk taubat bagi orang yang menyelisihi manhaj Salaf, dan itu mencakup bagi pelaku bid'ah dan selain mereka, dan ini adalah teks pertanyaan dan jawabannya:


الســـؤال رقم 37 : 

Pertanyaan:


ما ضوابط نصيحة المخالف لمنهج السلف ؟وهل للنصيحة مدة محددة ؟


Apa ketentuan nasehat bagi penentang manhaj salaf? Dan apakah nasehat ada masa tertentu?


الجــواب: 

Jawaban:


 شروط توبة المبتدع هي الشروط المعروفة بالتتبع والاستقراء لقبول توبة كل مذنب 

الأول : الإقلاع عن الذنب .

ثانيا: الندم على ما فعله .

الثالث: العزم على عدم العود فيه .


Syarat taubat pelaku bid'ah adalah syarat yang diketahui dengan mengamati dan meneliti kepada diterimanya taubat setiap orang yang berdosa:

Pertama: Berlepasnya dia dari dosa.

Kedua: Menyesali apa yang telah dikerjakannya.

Ketiga: Bertekad untuk tidak mengulangi dosanya.


ويزيد المبتدع على هذه الثلاثة الشروط، ما يلي :


Dan Mubtadi ditambah tiga syarat berikut ini:


1- البراءة المعلنة ظاهرا وباطنا، لا سيما في الأماكن التي كان ينفث فيها سموم بدعته، وعلى سمع الأفراد الذين دعاهم ليعتنقوها ويتعصبوا لها ويقوموا بنشرها حتى تصبح البدعة وتمسي كأنها سنة نبوية كريمة يحرص على الدعوة إليها والعمل بها ممن امتلأت بها قلوبهم، وتفاعلت معها جوارحهم، ومن يضلل الله فلن تجد له وليّا مرشدا.


1. Berlepas diri yang diumumkan secara zohir dan batin, tentunya di tempat-tempat yang dahulu dia muntahkan racun bid'ahnya, Dan kepada pendengar utamanya orang-orang yang diajaknya untuk menganut (bid'ah)nya dan fanatisme kepadanya dan mereka menyebarkannya hingga menjadi bid'ah dan menjadi seolah-olah itu adalah sunnah kenabian yang mulia. dia semangat berda'wah dengannya, dan beramal dengannya dari siapa yang terisi dengannya hati-hati mereka, dan dibuat-buat dengannya anggota tubuh mereka, dan siapa pun yang disesatkan oleh Alloh, Anda tidak akan menemukan baginya seorangpun wali pemberi petunjuk.


2- أن يردّ على نفسه إن كان قد ألّف في الترغيب فيها، وفي ذم من ينتقدها، أو ينتقد دعاتها والمروجين لها، ويكون الرد :


* صريحا .


* وجليّاً يفهمه كل من قرأه أو سمعه، براءة للذمة ونصرا للسنة ومحبة لأهلها.


* وأن يستمر على ذلك حتى يأتيه من ربه اليقين.


2. Untuk dia memgembalikan kepada dirinya sendiri jika dia telah terbiasa mengajak kepadanya dan mencela mereka yang mengkritiknya, atau mengkritik da'i-dai'inya dan pendukungnya, sehingga penentangannya:

Jelas.


 * Dipahami dengan jelas oleh setiap orang yang membacanya atau mendengarnya, sebagai pembersihan dirinya, dan sebagai penolong bagi Sunnah, dan kecintaan bagi Ahlussunnah.


 Dan dia harus terus melakukannya sampai datang kepadanya kepastian (kematian) dari Robbnya.


3- أن يحرق ويتلف ما بين يديه من الوسائل التى دوّنت فيها البدع، حتى لا يبقى لها باقية يفتتن بها من يفتتن، سواء في حياة محدثها أو بعد مماته.

وأخيرا فاعلم أيها السائل: أن المبتدع شر مستطير على نفسه وعلى مجتمعه و أمته، يجب نصحه؛ فإن أعرض عن نصيحة الناصحين وجب هجره، والفرار من مجالسته وصحبته.


واسمع إلى قول من سبر حال أهل البدع وعرف قبح البدعة وضررها وضرر صاحبها على الأفراد والمجتمعات أينما حل وارتحل، قال –ونعم ما قال-:


3. Membakar dan memusnahkan apa yang ada dimilikinya dari sarana-sarana yang terkandung bid'ah di dalamnya, sehingga tidak ada sisa yang tersisa padanya yang dia menfitnah dengannya orang yang terfitnah, sama saja selama dia hidup perbuatan bid'ahnya atau setelah kematiannya.

 Akhirnya, ketahuilah, wahai penanya: bahwanya mubtadi' adalah kejahatan yang menyebar kepada dirinya, kelompoknya dan pengikutnya, dan dia wajib dinasehati; Jika dia berpaling dari nasihat para penasihat, dia harus ditinggalkan, dan melarikan diri dari bermajlis dengannya dan bersahabat dengannya.


Dan dengarkanlah perkataan orang yang menyelidiki keadaan pelaku bid'ah dan mengetahui kejelekan bid'ah dan bahayanya serta kerugian pemiliknya terhadap individu dan masyarakat di mana pun dia menetap dan bepergian. Dia berkata - dan sebaik-baik yang dia dikatakan -:


وكل بر في اتباع مـــــن سلف وكل شر في ابتداع من خلف

فكن من الأتباع في درب الهدى تظفر بخير ثم تنجو من ردى

والسنــة الغرا طـــريق المهتدي فلا تزغ عنها فتهلك في غـــد

ودر مـع الحـــق بعلـم وتقـــى لتحرز الأجر وحسـن المرتقى


-Dan setiap kebaikan ada pada mengikuti salaf (yang duluan), || dan setiap keburukan ada pada bid'ah orang-orang belakangan,

-Jadilah salah satu pengikut di jalan bimbingan, || Anda akan mencapai kebaikan kemudian Anda akan diselamatkan dari kejahatan,

-Dan sunnah yang melekat adalah jalan orang-orang yang mendapat petunjuk, || maka janganlah menyimpang darinya sehingga kamu akan binasa besok,

-Berputarlah bersama kebenaran dengan ilmu dan ketakwaan, || agar tercapai pahala dan baiknya bukit tujuan.


.. وقلتَ أيها السائل : وهل تطبق على الحزبيين في هذا العصر؟


Dan Anda berkata wahai penanya: Apakah itu berlaku untuk kelompok-kelompok (hizbyyun) di masa ini?


والجواب: يجب أن تطبق الشروط على كل صاحب بدعة، ولا شك أن الحزبيين أصحاب بدع متعددة و متنوعة؛ إذ منهم الخوارج، ومنهم الصوفية، ومنهم الجهال المقلدون لهؤلاء وأولئك، والواجب على الجميع التوبة إلى الله المستوفية لشروطها كل بحسب حاله.


Jawabannya: wajib syarat-syarat itu diterapkan pada setiap pelaku bid'ah, dan tidak diragukan lagi bahwasanya kelompok-kelompok (hizbyyun) adalah para pelaku bid'ah yang banyak dan beragam. Karena di antara mereka ada orang-orang Khawarij, dan di antara mereka adalah para sufi, dan di antara mereka ada orang-orang bodoh yang meniru kelompok ini dan itu, dan wajib bagi semua untuk bertaubat kepada Alloh yang memenuhi persyaratan taubatnya masing-masing sesuai dengan kondisinya.


ومن يشأ خير الحياة والرضــا فليتبع حقا سبيل من مضى

في سنــة قــائـــــمة نقيــــة وشرعـــة واضحة جليــة

سار عليها المصطفى ومن على منهجــه عض فنعـم النبلا

صـــلى عليـــه ربنا وسـلــما والآل والصحب وتابع سما.اهـ 


- Dan siapa yang menginginkan kehidupan terbaik dan keridhoan, || hendaknya dia benar-benar mengikuti jalan orang-orang yang telah pergi sebelumnya,

- Di dalam sunnah yang tegak lagi murni, || dan hukum yang terang dan jelas,

 - Al-Musthofa berjalan di atasnya, dan siapa pun yang mengikuti || metodenya digigit maka sebaik-baik kemuliaan

- Semoga sholawat dan salam Robb kita tercurah untuknya, || dan keluarga dan para sahabat, dan yang mengikuti juga sama.


من كتاب "الأجوبة الأثرية عن المسائل المنهجيَّة خمسون سؤالا وجوابا" (ص104-106/ط دار أضواء السلف).


Dari kitab "Alajwibatul atsariyyah anil masaailil manhajiyyah khomsuna suaalan wa jawaban".


https://t.me/youssefalgazairi/953


🌕🌏🌕🌏🌕🌏🌕🌏🌕🌏🌕


Mutarjim:


أبو إبراهيم بن سالم المكاسري البغيسي الإندونيسي

SYARAT-SYARAT TAUBAT BAGI PARA PENYELISIH MANHAJ SALAF DARI PELAKU BID'AH DAN SELAINNYA


Telegram: @ilmui

Twitter X: @ilmuisl

WA: ILMUI

https://il-mui.blogspot.com

#free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments