MURNIKANLAH IBADAH KEPADA ALLOH

💡 MURNIKANLAH IBADAH KEPADA ALLOH💡

وَمِنْ ءَايَٰتِهِ ٱلَّيْلُ وَٱلنَّهَارُ وَٱلشَّمْسُ وَٱلْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا۟ لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَٱسْجُدُوا۟ لِلَّهِ ٱلَّذِى خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah kalian sujud kepada matahari maupun bulan, tapi sujudlah hanya kepada Alloh Yang menciptakan semuanya itu, jika hanya kepadaNya saja kamu hendak menyembah. (Fushshilat: 37)

Berkata As-Syaikh Ibnu Nashir Assa'dy rohimahulloh:

ذكر تعالى أن {مِنْ آيَاتِهِ} الدالة على كمال قدرته، ونفوذ مشيئته، وسعة سلطانه، ورحمته بعباده، وأنه الله وحده لا شريك له {اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ} هذا بمنفعة ضيائه، وتصرف العباد فيه، وهذا بمنفعه ظلمه، وسكون الخلق فيه. {وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ} اللذان لا تستقيم معايش العباد، ولا أبدانهم، ولا أبدان حيواناتهم، إلا بهما، وبهما من المصالح ما لا يحصى عدده.
{لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلا لِلْقَمَرِ} فإنهما مدبران مسخران مخلوقان. {وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الذي خلقهن} أي: اعبدوه وحده، لأنه الخالق العظيم، ودعوا عبادة ما سواه، من المخلوقات، وإن كبر، جرمه وكثرت مصالحه، فإن ذلك ليس منه، وإنما هو من خالقه، تبارك وتعالى. {إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ} فخصوه بالعبادة وإخلاص الدين له.
[ تفسير السعدي = تيسير الكريم الرحمن , ص ٧٥٠]

Alloh Ta'ala menyebutkan bahwa di antara tanda-tanda yang menunjukkan atas kekuasaanNya yang sempurna, kehendak-Nya yang berlaku, keluasan kekuatan-Nya, dan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya, serta bahwa Dia adalah Alloh satu-satunya tanpa sekutu, adalah {malam dan siang}. Malam dengan manfaat kegelapannya dan ketenangan makhluk di dalamnya, serta siang dengan manfaat cahayanya dan aktivitas manusia di dalamnya. {Dan matahari dan bulan} yang tanpanya kehidupan manusia, tubuh mereka, dan tubuh hewan-hewan mereka tidak akan berjalan dengan baik. Dan keduanya memiliki banyak manfaat yang tak terhitung jumlahnya.

{Janganlah bersujud kepada matahari dan bulan} karena keduanya adalah makhluk yang diatur dan tunduk pada perintah. {Tetapi bersujudlah hanya kepada Alloh yang menciptakan mereka} yaitu sembahlah Dia saja, karena Dia adalah Pencipta yang agung, dan tinggalkanlah penyembahan terhadap selain-Nya dari para makhluk, meskipun makhluk tersebut besar dan memiliki banyak manfaat. Karena semua itu bukan berasal dari mereka, melainkan dari Pencipta mereka, Maha Berkah dan Maha Tinggi Dia. {Jika kamu hanya menyembah kepadaNya}, maka khususkanlah ibadah dan murnikanlah agama hanya untuk-Nya.

📚 [Tafsirus Sa'di = Taisirul-Karimir Rohman, halaman 750]

Telegram: @ilmui, https://t.me/ilmui
share #gratis, tanpa #logo, tanpa minta #donasi, tanpa #yayasan

Komentar