PERSAHABATAN YANG LANGGENG

💡PERSAHABATAN YANG LANGGENG💡

Berkata Alloh ta'ala

ٱلْأَخِلَّآءُ يَوْمَئِذٍۭ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا ٱلْمُتَّقِينَ.

Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.

(Az Zukhruf: 67)

وَقَوْلُهُ: {الأخِلاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلا الْمُتَّقِينَ} أَيْ: كُلُّ صَدَاقَةٍ وَصَحَابَةٍ لِغَيْرِ اللَّهِ فَإِنَّهَا تَنْقَلِبُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَدَاوَةً إِلَّا مَا كَانَ لِلَّهِ، عَزَّ وَجَلَّ، فَإِنَّهُ دَائِمٌ بِدَوَامِهِ.
[ابن كثير ,تفسير ابن كثير ت سلامة ,7/237]

وإن الأخلاء يومئذ، أي: يوم القيامة، المتخالين على الكفر والتكذيب ومعصية الله، {بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ} لأن خلتهم ومحبتهم في الدنيا لغير الله، فانقلبت يوم القيامة عداوة. {إِلا الْمُتَّقِينَ} للشرك والمعاصي، فإن محبتهم تدوم وتتصل، بدوام من كانت المحبة لأجله
[عبد الرحمن السعدي ,تفسير السعدي = تيسير الكريم الرحمن ,page 769]

🖊Berkata Ibnu Katsir rohimahulloh:

Dan firman-Nya: “Pada hari itu, para sahabat akan menjadi musuh satu sama lain, kecuali orang-orang yang bertakwa” yaitu setiap pertemanan dan persahabatan yang tidak karena Alloh pada Hari Kiamat akan berubah menjadi permusuhan, kecuali yang karena Alloh Yang Maha Perkasa dan Maha Mulia, karena itu akan kekal sebagaimana kekekalan-Nya.
📚[Tafsir Ibn Kathir, 7/237]

🖋Berkata Ibnu Nashir Assa'dy rohimahulloh:

Dan sesungguhnya persahabatan pada hari itu, yaitu Hari Kiamat, yang bersahabat atas dasar kekufuran, pendustaan, dan kemaksiatan kepada Alloh, “mereka akan menjadi musuh satu sama lain” karena persahabatan dan cinta mereka di dunia ini bukan karena Alloh, maka itu berubah menjadi permusuhan pada Hari Kiamat. “Kecuali orang-orang yang bertakwa” (menjaga diri) dari syirik dan dosa, karena cinta mereka akan abadi dan berlanjut, sebagaimana keabadian dari Dia yang karena-Nya cinta itu terjalin.
📚[Tafsir As-Sa’di = Taysir Al-Karim Ar-Rahman, halaman 769]

Telegram: @ilmui, https://t.me/ilmui
share #gratis, tanpa #logo, tanpa minta #donasi, tanpa #yayasan

Komentar