LARANGAN MENYIA-NYIAKAN KELUARGA

💡LARANGAN MENYIA-NYIAKAN KELUARGA💡

عن عبد الله بن عمرو قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم كفى بالمرء إثما أن يضيع من يقوت.

Dari Abdulloh bin Amr rodhiyallohu anhuma berkata: Rosululloh shollallohu 'alaihi wa salam berkata: 
"Cukuplah dosa bagi seseorang jika menyia-nyiakan siapa yang (wajib) diberinya makan".
📚[Shohih Sunan Abu Dawud AlAlbany, 1692]

Berkata As-Syaikh Ibnul Utsaimin rohimahulloh:

هذه الأحاديث كلها تدل على أنه يجب على الإنسان أن ينفق على من عليه نفقته، وأن إنفاقه على من عليه نفقته أفضل من الإنفاق على الغير.
وفي هذه الأحاديث أيضاً التهديد والوعيد على من ضيع عمن يملك قوته، وهو شامل للإنسان وغير الإنسان، فالإنسان يملك الأرقة مثلاً، ويملك المواشي من إبل وبقر وغنم فهو آثم إذا ضيع من يلزمه قوته من آدميين أو غير آدميين، ((كفى بالمرء إثماً أن يحبس عمن يملك قوتهم)) ، واللفظ الثاني في غير مسلم: ((كفى بالمرء إثماً أن يضيع من يقوت)) وفي هذا دليل على وجوب رعاية من ألزمك الله بالإنفاق عليه.
[ابن عثيمين ,شرح رياض الصالحين ,3/159]

"Semua hadits ini menunjukkan bahwa manusia wajib mengeluarkan nafkah untuk mereka yang dia tanggung nafkahnya, dan bahwa mengeluarkan nafkah untuk mereka yang wajib ia nafkahi lebih baik daripada mengeluarkan nafkah untuk orang lain.
Dan dalam hadits-hadits ini juga terdapat ancaman dan peringatan bagi mereka yang menyia-nyiakan orang yang ia miliki kekuasaan atas makannya, yang mencakup manusia dan selain manusia. Misalnya, manusia memiliki budak, dan memiliki ternak seperti unta, sapi, dan domba, maka ia berdosa jika ia menyia-nyiakan yang wajib ia beri makan, baik itu manusia atau selain manusia, ('Cukuplah seseorang berdosa karena ia menahan dari orang yang ia miliki kekuasaan atas makannya'), dan lafadz kedua untuk selain (haditsnya) Muslim: ('Cukuplah seseorang berdosa jika ia menyia-nyiakan orang yang ia tanggung makannya') dan ini merupakan bukti atas kewajiban merawat mereka yang Alloh wajibkan untuk Anda nafkahi."
📚[Syarh Riyadhus Sholihin, 3/159]

Telegram: @ilmui, https://t.me/ilmui
Wa: https://whatsapp.com/channel/0029VaALfMAGJP8PEIsVk33P
share #gratis, tanpa #logo, tanpa minta #donasi, tanpa #yayasan

Komentar