ALLOH YANG MENURUNKAN HUJAN

📚ALLOH YANG MENURUNKAN HUJAN📚

بسم الله الرحمن الرحيم

Berkata Alloh ta'ala:

وَهُوَ ٱلَّذِى يُنَزِّلُ ٱلْغَيْثَ مِنۢ بَعْدِ مَا قَنَطُوا۟ وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُۥ ۚ وَهُوَ ٱلْوَلِىُّ ٱلْحَمِيدُ.

Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Wali lagi Maha Terpuji.
(Asy Syuura 42:28)

Berkata Syaikh Ibnu Nashir Assa'dy rohimahulloh ta'ala:

{وَهُوَ الَّذِي يُنزلُ الْغَيْثَ} أي: المطر الغزير الذي به يغيث البلاد والعباد، {مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا} وانقطع عنهم مدة ظنوا أنه لا يأتيهم، وأيسوا وعملوا لذلك الجدب أعمالا فينزل الله الغيث {وَيَنْشُرُ} به {رَحْمَتَهُ} من إخراج الأقوات للآدميين وبهائمهم، فيقع عندهم موقعا عظيما، ويستبشرون بذلك ويفرحون. {وَهُوَ الْوَلِيُّ} الذي يتولى عباده بأنواع التدبير، ويتولى القيام بمصالح دينهم ودنياهم. {الْحَمِيدُ} في ولايته وتدبيره، الحميد على ما له من الكمال، وما أوصله إلى خلقه من أنواع الإفضال.

{Dan Dialah yang menurunkan hujan} yaitu: hujan lebat yang dengannya Dia menghidupkan negeri dan para hamba, {setelah mereka putus asa} dan terputus hujan itu darinya selama waktu yang mereka kira tidak akan datang kepada mereka, dan mereka berputus asa dan  mereka melakukan amalan untuk kekeringan itu suatu amalan lalu Alloh menurunkan hujan {dan menyebarkan} dengannya {rahmat-Nya} diantaranya mengeluarkan makanan untuk manusia dan ternak mereka, maka itu terjadi di sisi mereka sebagai kejadian yang besar, dan mereka bersuka cita dengan itu dan bergembira. {Dan Dialah Wali} yang mengurus hamba-hamba-Nya dengan berbagai jenis pengaturan, dan juga senantiasa mengurus penjagaan untuk kepentingan agama dan dunia mereka. {Yang Terpuji} dalam kekuasaan dan pengaturan-Nya, Yang Terpuji atas kesempurnaan yang Dia miliki, dan apa yang Dia sampaikan kepada makhluk-Nya dari berbagai jenis keutamaan.

📖 [Tafsir As-Sa'di = Taysir Al-Karim Ar-Rahman, halaman 758]

Penerjemah: Abu Ibrohim Saiid AlMakassary
Telegram:
@ilmui: https://t.me/ilmui

Komentar