Advertisement

HUKUM BERKEYAKINAN BAHWA SETIAP MUSLIM HARUS MENGIKUTI TAREKAT SUFI TERTENTU

بسم الله الرحمٰن الرحيم

💡HUKUM BERKEYAKINAN BAHWA SETIAP MUSLIM HARUS MENGIKUTI TAREKAT SUFI TERTENTU💡


Syaikh Ibnu Baz rohimahulloh ditanya:

س: الرسالة التالية من الجمهورية العراقية، وباعثها يقول: سؤالي عن بعض الطرق الصوفية، التي تنتشر في بلادنا، ويقول العلماء: يجب على كل مسلم أن يسلك طريقة صوفية معينة، وإلا فهو على ضلالة من أمره، ويقولون من ذاق عرف ومن لم يذق انحرف، أي من ذاق الإيمان عن طريق الصوفية، وكما يوجد رجل يقال له: خليفة رسول الله صلى الله عليه وسلم، فلان النقشبندي، وطريقته تسمى النقشبندية، ومنتشرة بشكل واسع في بلادنا، ويقول العلماء من لم يسلك هذه الطريقة فهو خاسر، وكما ينكرون أكثر أقوال علماء السلف الصالح، وخاصة في العقيدة، أفيدونا مأجورين، جزاكم الله خير الجزاء؟

ج: الواجب على كل مسلم أن يسلك طريق نبينا محمد عليه الصلاة والسلام، الذي درج عليه أصحابه رضي الله عنهم، ثم سلف الأمة من التابعين، وأتباعهم من الأئمة الأربعة وغيرهم، هذا هو الواجب. أما الطرق التي أحدثها الناس ويسمونها الطرق الصوفية، هذه لا يجوز سلوكها، ولا يلزم أحد سلوكها: لا نقشبندية ولا قادرية ولا تيجانية، ولا خلواتية ولا شاذلية ولا غير ذلك، جميع الطرق 
لا يجوز سلوك شيء منها، لأنها محدثة، قد سار الصحابة قبلها على ما عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم، قبل أن تحدث هذه الطرق، وهكذا من بعدهم من أئمة السلف، أفكانوا خاسرين؟ لأنهم قد تركوها، بل كانوا ناجحين وكانوا سعداء، وكانوا هم على الحق والطريق القويم، وعلى صراط الله المستقيم، فأنت يا عبد الله قدم نفسك معهم وكأنك موجود قبل هذه الطريقة، فهل يضرك عدم وجود هذه الطريقة، هذه مما أحدثها الناس، والنبي صلى الله عليه وسلم قال: «من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد» يعني مردود، وقال عليه الصلاة والسلام: «من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد» فلا يلزمك أن تسلك الطريقة النقشبندية أو التيجانية، أو القادرية، أو الشاذلية، أو البرهانية، أو غير ذلك، بل عليك أن تسلك طريق محمد عليه الصلاة والسلام، طريقة سلف الأمة، بأن تعبد الله وحده، وتستقيم على دينه وتحافظ على الصلوات الخمس، وتؤدي الزكاة وتصوم رمضان، وتحج البيت الحرام مع الاستطاعة، وتبر والديك وتصل أرحامك، وتحفظ لسانك عما حرم الله، وتحفظ جوارحك عما حرم الله، وتجتهد في ذكر الله، وطاعته والتقرب إليه بأنواع الطاعات، من صلاة النافلة وصوم النافلة، والصدقات والإكثار من ذكر الله، والاستغفار ولا تلتفت إلى هذه الطرق التي أحدثها الناس، وتنصح إخوانك أن يتجنبوها، وما كان فيها
من خير وافق شرع الله يؤخذ، وما كان فيها من شيء جديد وشر يترك، يقول مالك بن أنس رحمه الله إمام دار الهجرة في زمانه، يقول: لن يصلح آخر هذه الأمة إلا ما أصلح أولها، وهكذا قال العلماء جميعهم: مثل قوله: لا صلاح لهذه الأمة إلا بما صلح به الصحابة ومن بعدهم، إلا بالسير على طريق محمد عليه الصلاة والسلام، والتمسك بصراط الله المستقيم، الذي قال فيه جل وعلا: {وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ}، وقال عز وجل في سورة الفاتحة: {اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ} {صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ} هذا هو الصراط المستقيم، هو دين الله هو الإسلام، وما جاء به رسول الله صلى الله عليه وسلم، من الأعمال والأقوال، هو الصراط المستقيم، وهو صراط من أنعم عليهم من النبيين، والصديقين، والشهداء، والصالحين، وهم أهل العلم والعمل، الذين عرفوا دين الله وعملوا به، هذا هو الصراط المستقيم، أن تعرف دين الله وأن تتفقه في دين الله، من القرآن والسنة وأن تعمل بذلك، على النهج والطريق الذي سلكه رسول الله صلى الله عليه وسلم، وسلكه أصحابه رضي الله عنهم، وأتباعهم بإحسان، وإياك أن تترك ذلك من أجل قول الشيخ فلان، أو الشيخ فلان، أو الشيخ فلان، ويقول من لا شيخ له فالشيطان
إمامه أو شيخه كل هذا باطل، لكن أهل العلم يستعان بكلامهم ويستفاد من كلامهم في تفسير القرآن، وتفسير السنة وبيان الأحكام لكن لا تقدم آراؤهم المخالفة لشرع الله، على ما قاله الله ورسوله، كتب العلماء المعروفين بالسنة والاستقامة، هؤلاء يستفاد من كلامهم وينظر في كتبهم، سواء كانت من كتب الشافعية أو الحنفية، أو المالكية، أو الحنبلية، أو الظاهرية، أو كتب أهل الحديث المتقدمين، كل هؤلاء يستفاد من كتبهم وينظر فيها، ويستعان بها على فهم كلام الله، وفهم كلام رسوله صلى الله عليه وسلم، ويدعى لهم ويترحم عليهم، لفضلهم وعلمهم،

لكن لا يجوز لأحد أن يقول الطريقة التي أحدثها فلان، أو فلان هي الطريقة المنجية، وما عداها فهو خطأ، لا، الواجب عليك أن تتبع طريق الرسول صلى الله عليه وسلم، ولهذا قال عليه الصلاة والسلام: «ستفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة، كلها في النار إلا واحدة» وهي الجماعة التي سارت على نهج النبي صلى الله عليه وسلم، وفي رواية الترمذي: «قيل: يا رسول الله من؟ قال: من كان على ما أنا عليه وأصحابي» فالذين ينجون عند الافتراق، وعند التغير هم الذين سلكوا مسلك النبي صلى الله عليه وسلم، وساروا على نهجه واتبعوا صحابته، فيما كانوا عليه، هؤلاء هم الناجون، فعليك بلزوم هذا الطريق، لزوم طريق أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم، وأتباعهم من أئمة الإسلام، كمالك والشافعي وأحمد وغيرهم من أئمة الإسلام، وكن
على طريقهم الطيب، وما اختلف فيه الناس، أو تنازع فيه الناس من بعض المسائل فإنه يرد إلى كتاب الله، وإلى سنة رسوله محمد عليه الصلاة والسلام، فما وافق كتاب ربنا أو سنة نبينا، وجب الأخذ به والسير عليه، وفي كلام أهل العلم ما يعينك على ذلك، إذا نظرت فيه وتأملته رحمة الله عليهم.

[ابن باز ,فتاوى نور على الدرب لابن باز بعناية الشويعر ,194-3/190]

HUKUM BERKEYAKINAN BAHWA SETIAP MUSLIM HARUS MENGIKUTI TAREKAT SUFI TERTENTU


Pertanyaan: Pesan berikut berasal dari Republik Irak, dan pengirimnya berkata: Pertanyaan saya tentang beberapa tarekat sufi yang menyebar di negara kami. Para ulama mengatakan: Setiap Muslim harus mengikuti tarekat sufi tertentu, jika tidak, dia dalam kesesatan. Mereka juga mengatakan, "Barang siapa yang merasakannya, maka dia tahu, dan barang siapa yang tidak merasakannya, maka dia menyimpang," maksudnya siapa yang merasakan iman melalui tarekat sufi. Ada juga seorang pria yang dikatakan sebagai "Khalifah Rasulullah ﷺ," yaitu Fulan an-Naqsyabandi, dan tarekatnya disebut Naqsyabandiyah, yang tersebar luas di negara kami. Para ulama mengatakan bahwa siapa yang tidak mengikuti tarekat ini maka dia akan rugi. Mereka juga menolak sebagian besar perkataan ulama salaf, terutama dalam masalah aqidah. Mohon penjelasan, semoga Alloh membalas Anda dengan kebaikan?

Jawaban: Kewajiban setiap Muslim adalah mengikuti jalan Nabi kita Muhammad ﷺ, yang diikuti oleh para sahabatnya rodhiyallohu 'anhum, kemudian diikuti oleh generasi salaf umat ini dari kalangan tabi'in dan pengikut mereka seperti imam-imam yang empat dan lainnya. Inilah yang wajib.

Adapun jalan-jalan yang dibuat oleh orang-orang dan mereka menyebutnya sebagai tarekat sufi, tidak boleh diikuti, dan tidak ada kewajiban untuk mengikutinya: baik itu Naqsyabandiyah, Qadiriyah, Tijaniyah, Kholwatiyah, Syadziliyah, maupun tarekat-tarekat lainnya. Semua tarekat tersebut tidak boleh diikuti karena merupakan hal yang diada-adakan (muhdats).

Para sahabat sudah menempuh jalan yang ditempuh oleh Rasulullah ﷺ sebelum adanya tarekat-tarekat ini, demikian juga generasi sesudah mereka dari kalangan para imam salaf. Apakah mereka rugi karena meninggalkan tarekat-tarekat tersebut? Tidak, bahkan mereka berhasil, bahagia, berada di atas kebenaran, dan di atas jalan yang lurus.

Oleh karena itu, wahai hamba Alloh, tempatkan dirimu seolah-olah engkau hidup sebelum adanya tarekat-tarekat ini, apakah akan merugikanmu jika tarekat-tarekat ini tidak ada? Tarekat-tarekat ini adalah hal yang diada-adakan oleh manusia.

Nabi ﷺ bersabda: “Barang siapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami ini yang tidak berasal darinya, maka ia tertolak.” Nabi juga bersabda: “Barang siapa yang melakukan suatu amalan yang tidak ada perintah kami padanya, maka ia tertolak.”

Jadi, engkau tidak diwajibkan mengikuti tarekat Naqsyabandiyah, Tijaniyah, Qadiriyah, Syadziliyah, Burhaniyah, atau yang lainnya. Akan tetapi, yang wajib bagimu adalah mengikuti jalan Nabi Muhammad ﷺ, jalan para salaf umat ini, dengan beribadah kepada Alloh semata, istiqamah dalam agamanya, menjaga sholat lima waktu, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Romadhon, berhaji ke Baitulloh jika mampu, berbuat baik kepada orang tua, menyambung silaturohim, menjaga lisanmu dari hal-hal yang diharamkan oleh Alloh, menjaga anggota tubuhmu dari hal-hal yang diharamkan oleh Alloh, berusaha untuk selalu mengingat Alloh, menaati-Nya, dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan berbagai macam ketaatan seperti sholat sunnah, puasa sunnah, bersedekah, memperbanyak dzikir dan istighfar. 

Jangan pedulikan tarekat-tarekat yang diada-adakan oleh manusia ini. Nasihatilah saudara-saudaramu untuk menjauhi tarekat-tarekat tersebut. Jika ada kebaikan dalam tarekat tersebut yang sesuai dengan syariat Alloh, maka diterima, dan jika ada hal baru atau keburukan, maka ditinggalkan. Imam Malik bin Anas rahimahullah, seorang imam dari Madinah, pernah berkata: "Tidak akan baik generasi akhir umat ini kecuali dengan apa yang telah membuat baik generasi awalnya." Demikian pula yang dikatakan oleh para ulama seluruhnya: "Tidak ada kebaikan bagi umat ini kecuali dengan mengikuti jalan yang ditempuh oleh para sahabat dan generasi setelah mereka."

Jalan tersebut adalah jalan Nabi Muhammad ﷺ dan berpegang teguh pada jalan Alloh yang lurus, sebagaimana Alloh Ta’ala berfirman: {Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Alloh kepadamu agar kamu bertakwa}. Alloh juga berfirman dalam surah al-Fatihah: {Tunjukilah kami jalan yang lurus}, {Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat}.

Itulah jalan yang lurus, yaitu agama Allah, yaitu Islam, yang dibawa oleh Rasulullah ﷺ berupa amalan dan perkataan. Itulah jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, dari kalangan nabi-nabi, orang-orang yang jujur, syuhada, dan orang-orang sholeh, mereka adalah orang-orang yang memahami agama Alloh dan mengamalkannya. Ini adalah jalan yang lurus, yaitu memahami agama Alloh dan beramal dengannya, berdasarkan Al-Qur'an dan sunnah, serta mengikuti jalan yang ditempuh oleh Rosululloh ﷺ, para sahabatnya rodhiyallohu 'anhum, dan para pengikutnya yang mengikuti dengan baik. 

Janganlah engkau meninggalkan jalan ini demi perkataan seorang syaikh fulan atau syaikh fulan, dan syaikh fulan, dan yang mengatakan bahwa siapa yang tidak memiliki syaikh maka setan menjadi imamnya atau syaikhnya, semua ini adalah kebatilan. Akan tetapi, kita mengambil bantuan dari perkataan para ulama dan mengambil faidah darinya dalam memahami tafsir Al-Qur'an, memahami sunnah, dan menjelaskan hukum-hukum. Namun, jangan mendahulukan pendapat mereka yang bertentangan dengan syariat Alloh, tidak boleh didahulukan atas perkataan Alloh dan Rosul-Nya. 

Kitab-kitab ulama yang dikenal dengan sunnah dan istiqamah semua ini bermanfaat untuk dipelajari dan diteliti kitab-kitabnya, sama saja dari kitab-kitab mazhab Syafi'i, Hanafi, Maliki, Hanbali, atau Zhohiriyah, atau kitab-kitab para ahli hadits terdahulu, Kita mengambil manfaat dari kitab-kitab mereka dan mempelajari isinya, dan meminta bantuan dengan kitab tersebut dalam memahami kalam Alloh, dan memahami kalanm Rosul-Nya shollallohu 'alaihi wa sallam, dan mendoakan mereka dan memohonkan rahmat untuk mereka karena ilmu dan keutamaan mereka. 

Namun, tidak boleh ada yang mengatakan bahwa tarekat (jalan) yang diciptakan oleh fulan, atau fulan adalah satu-satunya jalan yang benar, sedangkan yang lainnya salah. Tidak.

Kewajiban kita adalah mengikuti jalannya Rosululloh ﷺ. Nabi ﷺ bersabda: “Umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya masuk neraka kecuali satu.” Yaitu golongan yang mengikuti jalan Nabi ﷺ dan sahabat-sahabatnya. Dalam riwayat At-Tirmidzi disebutkan: "Dikatakan: Wahai Rosululloh, siapa mereka? Beliau bersabda: 'Yaitu orang-orang yang mengikuti jalanku dan jalan sahabat-sahabatku.'" Jadi, orang-orang yang selamat ketika terjadi perpecahan dan perubahan adalah mereka yang mengikuti jalan Nabi ﷺ dan mengikuti para sahabatnya.

Maka wajib bagi kita untuk tetap teguh di jalan ini, jalan yang ditempuh oleh para sahabat Nabi ﷺ dan pengikut mereka dari kalangan imam-imam Islam, seperti Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Ahmad, dan lainnya. Tetaplah di jalan mereka yang baik, dan jika ada perselisihan atau perbedaan pendapat dalam beberapa masalah, maka kembalikanlah kepada Kitab Alloh dan sunnah Rosul-Nya. Apa yang sesuai dengan Kitab Alloh atau sunnah Nabi kita ﷺ, wajib diambil dan diikuti. Dalam perkataan para ulama terdapat bimbingan yang dapat membantumu dalam memahami hal tersebut jika kita mempelajarinya dan menelitinya. Semoga Alloh merahmati mereka.

📚(Fatawa Nur ‘Alad-Darb, Ibnu Baz, 3/190-194)

Telegram: ilmui
WA: ilmui
#share_gratis, #tanpa_logo, #tanpa_minta_donasi, #tanpa_yayasan


 #free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments