Advertisement

BID'AH MAULID

بسم الله الرحمٰن الرحيم

🥚 BID'AH MAULID 🥚

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh ditanya:

عَمَّنْ يَعْمَلُ كُلَّ سَنَةٍ خَتْمَةً فِي لَيْلَةِ مَوْلِدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَلْ ذَلِكَ مُسْتَحَبٌّ؟ أَمْ لَا؟

فَأَجَابَ:
الْحَمْدُ لِلَّهِ، جَمْعُ النَّاسِ لِلطَّعَامِ فِي الْعِيدَيْنِ وَأَيَّامِ التَّشْرِيقِ سُنَّةٌ وَهُوَ مِنْ شَعَائِرِ الْإِسْلَامِ الَّتِي سَنَّهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمُسْلِمِينَ وَإِعَانَةُ الْفُقَرَاءِ بِالْإِطْعَامِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ هُوَ مِنْ سُنَنِ الْإِسْلَامِ. فَقَدْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " {مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ} وَإِعْطَاءُ فُقَرَاءِ الْقُرَّاءِ مَا يَسْتَعِينُونَ بِهِ عَلَى الْقُرْآنِ عَمَلٌ صَالِحٌ فِي كُلِّ وَقْتٍ وَمَنْ أَعَانَهُمْ عَلَى ذَلِكَ كَانَ شَرِيكَهُمْ فِي الْأَجْرِ. وَأَمَّا اتِّخَاذُ مَوْسِمٍ غَيْرِ الْمَوَاسِمِ الشَّرْعِيَّةِ كَبَعْضِ لَيَالِي شَهْرِ رَبِيعٍ الْأَوَّلِ الَّتِي يُقَالُ: إنَّهَا لَيْلَةُ الْمَوْلِدِ أَوْ بَعْضِ لَيَالِيِ رَجَبٍ أَوْ ثَامِنَ عَشَرَ ذِي الْحِجَّةِ أَوْ أَوَّلِ جُمْعَةٍ مِنْ رَجَبٍ أَوْ ثَامِنِ شَوَّالٍ الَّذِي يُسَمِّيهِ الْجُهَّالُ عِيدَ الْأَبْرَارِ فَإِنَّهَا مِنْ الْبِدَعِ الَّتِي لَمْ يَسْتَحِبَّهَا السَّلَفُ وَلَمْ يَفْعَلُوهَا وَاَللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَعْلَمُ.

[ابن تيمية ,مجموع الفتاوى ,25/298]

BID'AH MAULID


Pertanyaan: 
Tentang seseorang yang setiap tahun melakukan khataman Al-Qur'an pada malam Maulid Nabi ﷺ, apakah itu disunnahkan atau tidak?

Jawaban:

Segala puji bagi Alloh. Mengumpulkan orang-orang untuk makan-makan pada dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan pada hari-hari Tasyriq adalah sunnah. Itu merupakan salah satu syiar Islam yang telah disunnahkan oleh Rosululloh ﷺ bagi kaum muslimin. Memberi bantuan kepada orang-orang fakir dengan memberikan makanan di bulan Romadhon adalah salah satu sunnah Islam. Nabi ﷺ bersabda: "Barang siapa memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut." Memberikan bantuan kepada para fakir dari kalangan pembaca Al-Qur'an agar mereka dapat melanjutkan membaca Al-Qur'an adalah perbuatan baik di setiap waktu. Dan barang siapa membantu mereka dalam hal itu, maka ia akan mendapatkan bagian pahala dari mereka.

Adapun menetapkan suatu perayaan di luar dari perayaan yang disyariatkan, seperti beberapa malam di bulan Robiul Awal yang disebut-sebut sebagai malam kelahiran Nabi, atau beberapa malam di bulan Rojab, atau tanggal 18 Dzulhijjah, atau hari Jumat pertama di bulan Rojab, atau tanggal 8 Syawal yang disebut oleh orang-orang bodoh sebagai 'Idul Abror, maka itu termasuk bid'ah yang tidak disukai oleh para salaf (generasi terdahulu) dan mereka tidak melakukannya. Dan Alloh lebih Mengetahui.

📚[Majmu'ul-Fatawa, 25/298]

Telegram: ilmui
WA: IL-MUI
#share_gratis, #tanpa_logo, #tanpa_minta_donasi, #tanpa_yayasan


 #free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments