Advertisement

TIDAK ADA KOTORAN DI SURGA

 💡TIDAK ADA KOTORAN DI SURGA💡


Berkata Imam Muslim rohimahulloh:


عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ:


«إِنَّ أَهْلَ الْجَنَّةِ يَأْكُلُونَ فِيهَا وَيَشْرَبُونَ، وَلَا يَتْفُلُونَ وَلَا يَبُولُونَ وَلَا يَتَغَوَّطُونَ وَلَا يَمْتَخِطُونَ» قَالُوا: فَمَا بَالُ الطَّعَامِ؟ قَالَ: «جُشَاءٌ وَرَشْحٌ كَرَشْحِ الْمِسْكِ، يُلْهَمُونَ التَّسْبِيحَ وَالتَّحْمِيدَ، كَمَا تُلْهَمُونَ النَّفَسَ»،


Dari Jabir rodhiyallohu anhu berkata: saya mendengar Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam mengatakan: 

"Sesungguhnya penduduk surga mereka makan dan minum didalamnya, mereka tidak meludah, tidak kencing, tidak berak, dan tidak beringus," mereka (para sahabat) berkata: apa yang terjadi dengan makanannya? Nabi berkata: "Mereka bersendawa dan berkeringat dengan bau seharum misk (minyak wangi), mereka diberi ilham untuk bertasbih dan bertahmid, sebagaimana kalian diberi ilham untuk bernapas." (Shohih Muslim: 2835)


Berkata As-Syaikh Ibnul 'Utsaimin rohimahulloh:


إخواني: سمعتم أوصاف الجنة ونعيمها وما فيها من السرور والفرح والحبور، فوالله إنها لجديرة بأن يعمل لها العاملون ويتنافس فيها المتنافسون، ويُفني الإنسان عمره في طلبها زاهدا في الدون، فإن سألتم عن العمل لها والطريق الموصل إليها فقد بيَّنه الله فيما أنزله من وحيه على أشرف خلقه. قال الله عز وجل: {وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ} {الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ} {وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ} [آل عمران: 133 - 135] 


[ابن عثيمين ,مجموع فتاوى ورسائل العثيمين ,360-20/359]


Saudara-saudaraku, kalian telah mendengar tentang sifat-sifat surga dan kenikmatan-kenikmatannya serta segala kebahagiaan, kegembiraan, dan kesenangan yang ada di dalamnya. Demi Alloh, surga benar-benar layak untuk diusahakan oleh orang-orang yang beramal dan diperebutkan oleh mereka yang berlomba-lomba. Manusia seharusnya menghabiskan usianya dalam mencarinya, bersikap zuhud terhadap dunia yang rendah. Jika kalian bertanya tentang amal untuk meraih surga dan jalan yang mengantarkan ke sana, Alloh telah menjelaskannya dalam wahyu yang diturunkan-Nya kepada makhluk-Nya yang paling mulia. Alloh Yang Maha Perkasa berkata: 


“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Robbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang, dan Alloh menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka segera mengingat Alloh, lalu memohon ampunan atas dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari Alloh? Dan mereka tidak melanjutkan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (Ali Imran: 133-135).


📚(Majmu' Fatawa war Rosailul Utsaimin, 20/359-360)


Telegram: @ilmui

Twitter X: https://x.com/ilmuisl

WA: ILMUI

https://il-mui.blogspot.com

#free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments