Advertisement

DEMONSTRASI BUKANLAH TRADISI ISLAMI

💡 DEMONSTRASI BUKANLAH TRADISI ISLAMI💡

DEMONSTRASI BUKANLAH TRADISI ISLAMI


Syaikh Al-Albany rohimahulloh ditanya:

حكم المظاهرات والمسيرات
السؤال: هل يجوز القيام بمظاهرات ومسيرات سلمية للتعبير عن طلبات الشعب الإسلامية، فإن كان الجواب بلا، فنرجو ذكر الدليل؛ لأن القيام بهذه المسيرات هي من قبيل المصالح المرسلة، فمن جهة أنه لا يتم الواجب إلا به فهو واجب، كالأصل في الوسائل أنها بحال الإباحة حتى يأتي النص بتحريمها، وكذلك إن القيام بهذه المظاهرات أو المسيرات هي موافقة للضوابط التي ذكرها الشيخ عبد الرحمن عبد الخالق في رسالته المسلمون والعمل السياسي.
الجواب: صحيح أن الوسائل إذا لم تكن مخالفة للشريعة فهي الأصل فيها الإباحة هذا لا إشكال، لكن الوسائل إذا كانت عبارة عن تقليد لمناهج غير إسلامية فمن هنا تصبح هذه الوسائل غير شرعية، فالخروج بتظاهرات أو المظاهرات وإعلان عدم الرضا أو الرضا وإعلان التأييد أو الرفض لبعض القرارات أو بعض القوانين، هذا نظام يلتقي مع الحكم الذي يقول: الحكم للشعب من الشعب وإلى الشعب.
أما حينما يكون المجتمع إسلامياً فلا يحتاج الأمر إلى مظاهرات وإنما يحتاج إلى إقامة الحجة على الحاكم الذي يخالف شريعة الله كما يروى وأنا أقول هذا كما يروى إشارة إلى ضعف ما يروى ولكنها على كل حال تبين حقيقة معروفة من ناحية تاريخية أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه لما قام خطيباً يحض الناس على ترك المغالاة في المهور وإلى هنا الحكم صحيح .. الرواية صحيحة.
وإنما الشاهد في الرواية الأخرى التي في سندها ضعف وهي أن امرأة قالت يا عمر الأمر ليس بيدك، إن الله عز وجل ذكر في القرآن الكريم فإن أتيتم إحداهن قنطاراً فلا تأخذوا منه شيئاً، فكيف أنت تقول: لا يجوز إلا أربعمائة درهم مهراً لبناتكم.
فكان جواب عمر إن صحت الرواية: أخطأ عمر وأصابت المرأة، فيكون المجتمع الإسلامي ليس بحاجة لمثل هذه النظم وما يترتب من ورائها من وسائل، عندما يتحقق المجتمع الإسلامي يستطيع الإنسان أن يدخل ويبلغ رأيه وحجته إلى الذي بيده الأمر أو على الأقل إلى ممثله.
فهو ليس بحاجة إلى ظهور لمثل هذه التظاهرات التي تلقيناها من جملة ما تلقيناها من عادات الغربيين ومن نظمهم، وكما هو الشأن الآن نحن نقلد الغربيين في كثير من عاداتهم وتقاليدهم سوف لابد من التفصيل بين ما يجوز ولا نأخذه عنهم وما لا يجوز، فانظر مثلاً نحن نأخذ عنهم بعض الوسائل، هذه الوسائل إذا كانت تؤدي إلى غرض مشروع أو على الأقل جائز وليس فيه إحياء لمعنى التشبه بالكفار فهذا هو أمر جائز، والمثال في ذلك ممكن أن نستحضر مثلين اثنين أحدهما ثابت من حيث الرواية والآخر فيه ضعف أما الثابت فهو ما جاء في الصحيحين من حديث المغيرة بن شعبة رضي الله عنه في قصة خروجه عليه الصلاة والسلام مسافراً ونزوله في مكان، فلما أصبح به الصباح خرج لقضاء الحاجة فأراد المغيرة بن شعبة أن يصب الوضوء على النبي - صلى الله عليه وآله وسلم -، فصب عليه حتى جاء الرسول عليه الصلاة والسلام إلى تشبيك كميه، الشاهد قال المغيرة: وعليه جبة رومية ضيقة الكمين فلم يستطع من ضيقها أن يشمر عن ذراعيه فأخرجها وألقى الجبة على كتفيه حتى توضأ عليه الصلاة والسلام وغسل ذراعيه، الشاهد

أنه عليه الصلاة والسلام لبس جبة ورومية، فهذا يعني أنه إذا كان هناك لباس من ألبسة الكفار تنسب إليهم ولم يكن فيه ظاهر التشبه التقليد لهم فيجوز لما يترتب من وراء ذلك من مصلحة الدفء ونحو ذلك.
وكذلك المثال الثاني أذكره لشهرته في السيرة وإن كان غير ثابت على الطريقة الحديثية وهي: أن الرسول عليه الصلاة والسلام أمرهم أن ينزلوا في مكان في غزوة الخندق لما قال المنذر بن حباب أن هذا وحي ..
مداخلة: ...
الشيخ: نعم، حباب المنذري أم هو الرأي والحرب والمكيدة، قال: له غير ذلك، قال: فإذاً ننزل في مكان آخر، الآن أستدرك على نفسي فأقول لكن فيه فائدة هذا مروي في السيرة وغير صحيح لكن ليس له صلة بمثالنا إنما المثال هو حفر الخندق حيث قال سلمان كما روي عنه أنهم كانوا إذا حوصروا في بلد ما أحاطوا البلدة بخندق، ورسولنا عليه الصلاة والسلام وافق على ذلك لما فيه من مصلحة جلية مجردة عن أي مفسدة، فبهذا الميزان يجب نحن أن نتلقى عادات الغربيين.
الآن نأتي بمثال آخر: هناك أناس يلبسوا جواكيت مختلفة لا يوجد مانع، لكن ما معنى لبس البنطلون ما معنى لبس الجرافيتة، لا فائدة من ذلك سوى تمثل عادات الغربيين والتأثر بتقاليدهم، فإذاً يجب أن نفرق بين ما ينسجم مع الإسلام ومبادئه وقواعده وبين ما ينبو وَيْنفِر عنه، فإذاً هذه المظاهرات ليست وسيلة إسلامية تنبئ عن الرضا أو عدم الرضا من الشعوب المسلمة لأن لهم وسائل أخرى باستطاعتهم أن يسلكوها، والذي يخطر في بالي أننا في الواقع عندما نقر مثل هذه المظاهرات كأننا نتصور أن المجتمع الإسلامي بعد أن يصبح فعلاً

مجتمعاً إسلامياً سيظل في نظمه وفي عاداته على عادة الغربيين، سيتغير كل شيء سوف يكون الوطن الاجتماعي في المجتمع الإسلامي في غنية عن مثل هذه المظاهرات.
وأخيراً أصحيح أن هذه مظاهرات تغير من نظام الحكم إذا كان القائمون مصرين على ذلك، وكم وكم من مظاهرات قامت ووقعت وقتل فيها قتلى كثيرين جداً ثم بقي الأمر على ما كان عليه قبل المظاهرات.
فلا نرى أن هذه وسيلة تدخل في قاعدة أن الأصل في الأشياء الإباحة لأنها من تقاليد الغربيين.
(الهدى والنور /210/ 39: 33: 00)


[ناصر الدين الألباني ,جامع تراث العلامة الألباني في المنهج والأحداث الكبرى ,343-3/340]

Hukum Demonstrasi dan Pawai

Pertanyaan: Apakah boleh melakukan demonstrasi dan pawai damai untuk menyuarakan tuntutan-tuntutan masyarakat Islam? Jika jawabannya tidak, mohon disebutkan dalilnya. Karena melakukan pawai ini termasuk dalam kategori kemaslahatan yang dibolehkan, dari satu sisi bahwa kewajiban tidak dapat dilakukan kecuali dengannya, maka ia menjadi wajib. Sebagaimana asalnya dalam masalah sarana adalah boleh sampai ada dalil yang mengharamkannya. Demikian pula, demonstrasi atau pawai ini sesuai dengan batasan yang disebutkan oleh Syaikh Abdul Rahman Abdul Khaliq (seorang hizby IM) dalam risalahnya, *Muslimin dan Kerja Politik*.

Syaikh menjawab: Benar bahwa sarana jika tidak bertentangan dengan syariat, pada dasarnya dibolehkan, ini tidak diragukan. Namun, jika sarana tersebut merupakan tiruan dari metode yang tidak Islami, maka sarana tersebut menjadi tidak syar'i. Demonstrasi atau pawai dan menyatakan ketidakpuasan atau dukungan terhadap beberapa keputusan atau undang-undang, ini adalah sistem yang bertemu dengan prinsip bahwa pemerintahan adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat (demokrasi).

Namun, ketika masyarakat itu Islami, tidak diperlukan demonstrasi, melainkan diperlukan untuk menyampaikan hujah kepada pemimpin yang menentang syariat Alloh. Seperti yang diriwayatkan, meskipun saya mengatakan ini dengan merujuk kepada kelemahan riwayatnya, tetapi tetap mengungkapkan suatu kenyataan yang diketahui dari segi sejarah bahwa Umar bin Khottab rodhiyallahu 'anhu ketika berpidato mengajak orang-orang untuk tidak berlebihan dalam memberikan mahar, dan ini adalah keputusan yang benar... riwayatnya shohih.

Namun, ada penguat dalam riwayat lain yang sanadnya lemah adalah ketika seorang wanita berkata kepada Umar: "Wahai Umar, perkara ini bukan di tanganmu, sesungguhnya Alloh 'Azza wa Jalla telah menyebutkan dalam Al-Qur'an: 'Jika kalian memberikan salah seorang dari mereka harta yang banyak, maka janganlah kalian mengambil sedikit pun darinya,' bagaimana mungkin engkau mengatakan tidak boleh lebih dari empat ratus dirham sebagai mahar bagi anak-anak perempuan kalian?"

Jawaban Umar, jika riwayat ini shohih: "Umar salah dan wanita itu benar." Maka masyarakat Islam tidak membutuhkan sistem seperti ini (demontrasi) dan sarana-sarana yang muncul darinya. Ketika masyarakat Islam itu terwujud, seseorang bisa menyampaikan pendapatnya dan hujahnya kepada pemimpin yang berwenang, atau setidaknya kepada wakilnya.

Maka tidak perlu adanya demonstrasi seperti ini yang kita ambil dari kebiasaan dan sistem orang Barat. Sebagaimana kita sekarang meniru orang Barat dalam banyak kebiasaan dan tradisi mereka, perlu adanya penjelasan tentang apa yang boleh kita ambil dari mereka dan apa yang tidak boleh. Misalnya, kita mengambil dari mereka beberapa sarana, jika sarana tersebut mengarah pada tujuan yang sah atau setidaknya diperbolehkan, dan tidak menghidupkan arti meniru orang kafir, maka hal itu dibolehkan.

Contoh yang dapat kita hadirkan adalah dua hal: salah satunya sah dari segi riwayat, yang lainnya lemah. Yang sah adalah riwayat dari *Shohihain* tentang kisah Mughirah bin Syu'bah rodhiyallahu 'anhu yang bepergian bersama Nabi - shollallohu 'alaihi wa alihi wa sallam - dan ketika pagi tiba, beliau keluar untuk buang hajat. Mughirah ingin menuangkan air wudhu kepada Nabi, lalu menuangkannya hingga Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam sampai pada menyingsingkan kedua lengannya. Kata Mughirah: "Beliau memakai jubah Romawi yang sempit di bagian lengannya, sehingga beliau tidak bisa menyingsingkan lengan karena sempitnya, lalu beliau melepasnya dan meletakkan jubah itu di pundaknya hingga berwudhu dan membasuh kedua lengannya." Pelajaran dari kisah ini adalah bahwa Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam mengenakan jubah Romawi, yang menunjukkan bahwa jika ada pakaian orang kafir yang dikaitkan dengan mereka dan tidak menunjukkan tasyabbub (peniruan) yang nampak jelas, maka itu boleh, karena ada kemaslahatan seperti kehangatan (dari cuaca dingin) dan sejenisnya.

Contoh kedua yang saya sebutkan karena terkenal dalam sejarah, meskipun tidak shohih menurut cara periwayatan hadits, adalah bahwa Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam memerintahkan mereka untuk berkemah di suatu tempat dalam Perang Khondaq ketika Al-Mundzir bin Hubab mengatakan bahwa itu adalah wahyu... 
Ya, Hubab Al-Mundziri, ataukah ini strategi dan tipu muslihat perang? Ia menjawab: Jika demikian, kita akan berkemah di tempat lain.
 Sekarang saya memperbaiki diri saya, tetapi ini adalah manfaat dari riwayat yang ada dalam siroh, meskipun tidak shohih, tetapi tidak ada hubungannya dengan contoh kita. Contoh yang dimaksud adalah penggalian parit di mana Salman Al-Farisi meriwayatkan bahwa mereka ketika dikepung di suatu negeri, mereka menggali parit mengelilingi kota tersebut, dan Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam setuju dengan itu karena ada manfaat yang jelas dan tidak ada kerugian. Dengan timbangan ini, kita menerima kebiasaan orang Barat (dalam strategi perang kala itu).

Sekarang kita berikan contoh lain: ada orang-orang yang memakai jaket berbeda-beda, tidak ada halangan, tetapi apa arti memakai celana panjang? Apa arti memakai dasi? Tidak ada manfaatnya kecuali meniru kebiasaan dan terpengaruh dengan tradisi orang Barat. Maka, kita harus membedakan antara apa yang sesuai dengan Islam, prinsip-prinsip, dan kaidah-kaidahnya, dan apa yang bertentangan dan mengingkarinya.

 Jadi, demonstrasi ini bukan sarana Islami yang menunjukkan kepuasan atau ketidakpuasan dari masyarakat Muslim karena mereka memiliki cara lain yang dapat mereka tempuh sesuai kemampuan mereka.

Yang terpikir oleh saya adalah bahwa ketika kita menyetujui demonstrasi seperti ini, seolah-olah kita menggambarkan bahwa masyarakat Islam setelah benar-benar menjadi masyarakat Islam, masih akan tetap mengikuti kebiasaan dan tradisi Barat. Semua harus berubah, dan masyarakat Islam akan menjadi cukup tanpa adanya demonstrasi seperti ini.

Terakhir, apakah benar bahwa demonstrasi ini mengubah sistem pemerintahan jika para penguasa bersikeras untuk tetap berkuasa? Berapa banyak demonstrasi yang telah dilakukan dan menyebabkan banyak kematian, tetapi akhirnya situasi tetap seperti sebelum demonstrasi.

Jadi, (kesimpulannya) kita tidak melihat bahwa ini adalah sarana yang termasuk dalam kaidah bahwa asal dari segala sesuatu adalah dibolehkan karena ini adalah tradisi orang Barat (yang tidak bermanfaat bahkan merusak).

*(Al-Huda wa al-Nur /210/ 39: 33: 00)*

[ *Jami'ut Turots (kumpulan warisan) Al-'Allamah Al-Albani fil-Manhaj wal-Ahdatsil-Kubro*, 3/340-343]

Telegram: ilmui
WA: ILMUI
Twitter X: ilmuisl 
#share_gratis, #tanpa_logo, #tanpa_minta_donasi, #tanpa_yayasan

Post a Comment

0 Comments