Advertisement

HUKUM MENJAWAB SALAM DI GROUP WA


⏳HUKUM MENJAWAB SALAM DI GROUP WA ?


📒 Soal group wa nashihatulinnisa .


Bismillaah,, 

Assalaamu 'alaikum warahmatullohi wa barokatuh.

Smg kt senantiasa d berikn ke Istiqomah d atas Al- Haq.

Afwan izin bertanya


Bgmn sbnrnya hukum menjawab salam d grup sprti ini,, mksdx anggota grup kan byk,, yg ana tau hukum menjawab salam itu ketika byk org,, hukumx Fardhu Kifayah,, kl sdh ada yg menjawab maka sdh gugur kewajibanx yg lain,, na kl dlm grup setiap ada yg beri salam,, dan setiap org menjawab salam,, mmg akan byk chat yg masuk. Dan info2 yg msk ke grup akn tenggelam. Apakah ada batasan brp org dlm menjawab salam.


Jazaakillaahu khoyron wa baarokallooh fiik.


_

وعليكم السلام ورحمةالله وبركاته


Menyebarkan salam adalah Sunnah dan merupakan syi'ar dari syi'ar syi'ar Islam yang nampak dan termasuk dari akhlak yang mulia dan juga merupakan sebab saling mencintai dan memperkuat persaudaraan 


Dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: 


لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ - رواه مسلم


 “Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Dan kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan pada sesuatu, jika dilakukan maka kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian” (HR Muslim).


🖋️ Berkata Imam An-Nawawi rahimahullah : 


 " نَقَلَ اِبْن عَبْد الْبَرّ وَغَيْره إِجْمَاع الْمُسْلِمِينَ عَلَى أَنَّ اِبْتِدَاء السَّلَام سُنَّة, وَأَنَّ رَدَّهُ فَرْض" انتهى من " شرح مسلم " (14/140) .


Imam Ibnu Abdil Barr dan selainnya menukil kesepakatan ulama kaum bahwa memulai salam adalah Sunnah dan membalasnya adalah wajib.


📚 Syarh shahih Muslim 14/140.


Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


يُجْزِئُ عَنْ اَلْجَمَاعَةِ إِذَا مَرُّوا أَنْ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمْ, وَيُجْزِئُ عَنْ اَلْجَمَاعَةِ أَنْ يَرُدَّ أَحَدُهُمْ 


 “Cukup jika berjamaah (berada dalam kelompok) jika lewat, maka salah seorang dari mereka mengucapkan salam. Cukup jika berjamaah (berada dalam kelompok) jika ada yang mengucapkan salam, maka salah seorang dari jamaah tersebut yang membalas salamnya.” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Irwa’ Al-Ghalil, 3/242)


🖋️ Disebutkan oleh Al-Bahuti rahimahullah : 


الذي يجب عليه رد السلام هو المُسَلَّم عليه ، أي : المقصود بإلقاء السلام ؛ فإن كان شخصا واحدا ، وجب عليه وجوبا عينيا ، وإن كانوا جماعة ، وجب عليهم وجوبا كفائيا أن يردوا السلام ؛ فمتى رد واحد منهم ، حصل المقصود ، ولو ردوا جميعا فهو أفضل .


"Yang wajib membalas salam adalah siapa yang dimaksudkan salam atasnya, jika itu tertuju pada satu orang maka atas dirinya fardhu a'in (wajib untuk membalas salamnya) dan jika mereka adalah jama'ah, maka hukumnya fardhu kifayah atas mereka dalam membalas salam dan kapan seorang dari jama'ah membalas salamnya maka gugur kewajiban yang lain dan telah terhasilkan maksud dan seandainya mereka semuanya membalas salam maka ini yang afdal / lebih utama.


📚 Kasfyu Al-Qina' 2/250


🖋️Berkata Imam Nawawi rahimahullah ;


فَإِنْ كَانَ الْمُسْلِم عَلَيْهِ وَاحِدًا تَعَيَّنَ عَلَيْهِ الرَّدّ، وَإِنْ كَانُوا جَمَاعَة كَانَ الرَّدّ فَرْض كِفَايَة فِي حَقّهمْ، فَإِذَا رَدّ وَاحِد مِنْهُمْ سَقَطَ الْحَرَج عَنْ الْبَاقِينَ، وَالْأَفْضَل أَنْ يَبْتَدِئ الْجَمِيع بِالسَّلَامِ، وَأَنْ يَرُدّ الْجَمِيع. 


” Bila diucapkan salam pada satu orang, maka wajib atas dirinya untuk menjawab salam. Bila mereka satu jamaah /rombongan, maka menjawab salam atas mereka, hukumnya fardu kifayah. Artinya bila sudah ada seorang diantara mereka yang menjawab salam, maka yang lainnya tergugurkan dosa (jika tidak menjawabnya). Namun yang lebih utama adalah hendaknya setiap orang yang ada dalam rombongan tersebut memulai untuk memberi salam dan setiap diantara mereka menjawab salam.” 


📚Syarh Shahih Muslim, 7/394


Dan yang dikuatkan oleh Syaikh Al-Allamah Al-Bany rahimahullah, beliau mengatakan: 


إذا جماعة مروا على جماعة فسلم أحدهم على الجماعة ، ورد أحد الجماعة ، فقد قاموا بالواجب ، لكن الأفضل أن يسلموا جميعًا وأن يردوا جميعًا .



Jika sekelompok rombongan lewat di hadapan rombongan lain, kemudian salah seorang memberi salam pada rombongan lainnya kemudian seorang dari rombongan membalasnya, maka mereka telah melakukan kewajiban. Akan tetapi yang afdhal adalah semuanya memberi salam dan semuanya membalas salam.


📚 Silsilah Al Huda wan nur kaset 262.


🖋️Dan Syaikh Al-Utsaimin di tanya : 


 إذا سلم شخص على رجل، فإنه لا يلزم الآخر أن يرد عليه؛ لأنه غير مقصود بهذا السلام .

أما إذا سلم على الجماعة عموماً فإن رد واحد منهم كاف ؛ لأن رد السلام فرض كفاية ، وليس فرض عين ، قال أهل العلم وإذا دخل على جماعة وسلم وهو يريد واحداً منهم ، لكونه كبيراً فيهم ، فإنه يجب على هذا الذي قصد بالسلام أن يرد ، وإن رد غيره ؛ لأن الظاهر إن المسلم إنما أراد هذا الشخص الكبير" انتهى


"Jika seseorang memberi salam pada seseorang lelaki, maka tidak diharuskan yang lain membalas salamnya karena bukan dia yang dimaksudkan dengan salam tersebut. Adapun jika ia memberi salam pada jamaah secara umum, maka jika ada seseorang yang membalasnya maka sudah cukup, sebab membalas salam pada kondisi ini fardhu kifayah. Berkata ahli ilmu : dan jika ada seseorang masuk pada jama'ah dan memberi salam, sementara yang ia inginkan adalah seseorang dari jama'ah karena keberadaannya sebagai orang yang tertua dikalangan mereka, maka wajib atas siapa yang dimaksudkan salam untuknya,dia membalasnya, walaupun dari selainnya yang hadir membalasnya karena yang nampak bahwa yang memberi salam, dia hanya menginginkan seseorang yang tua di kalangan mereka.


📚 Fatawa nur 'ala darb


Dan hukum salam pada group sama dengan halnya jika bertemu secara langsung.


Dan ini yang dikuatkan oleh Syaikh kami Abu Hamzah Hasan Basy-syuaib hafidzahullah :


هل يجب رد السلام في برامج المراسلة، كالواتساب وغيره؟


Apakah wajib membalas salam pada program perangkat surat menyurat seperti wathsab dan selainnya?


Beliau menjawab:

        نعم يجب 


Iya wajib.


📚 Lihat fatwa beliau dalam telegram.


Dan jika di dalam group ada seseorang yang memberi salam tapi ia tujukan dan maksudkan, misalkan pada Admin karena soal yang ditanyakan untuk dijawab, maka dia (Admin) wajib membalas salamnya. Namun apabila salam itu ditujukan secara umum untuk anggota group, maka jika ada seseorang dari anggota membalas, maka itu telah cukup dan gugur kewajiban yang lain. Dan apabila semuanya mereka membalas, ini lebih Afdhal.


📒 Soal yang kami langsung ajukan pada ulama Yaman .


[5/2 18:09] ابو حنان عثمان السندكاني: السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة


احسن الله إليك يا شيخنا .


لو ألقى واحد السلام فى مجموعة الواتساب، فهل الأفضل من عدد أعضاء المجموعة ان يردوا جميعا ؟


Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh . Ahsanallaahu ilaika ya Syaikhana. 


Seandainya ada seseorang yang mengucapkan salam dalam Majmuah wathsab, maka apakah yang afdahl dari jumlah anggota group semuanya menjawab salamnya ?


🖋️ Jawaban Syaikhuna Thariq Al-Ba'dany hafidzahullah : 


[5/2 19:53] الشيخ طارق: وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


 كلم جزاك الله خيرا أحسن من أحسن الله إليك

والسلام حكمه نفس حكم الذين تلتقي بهم الواحد لورد عن الجماعه سقط الإثم ولو ردوا جميعا كان أحسن .


Wa Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh.


Kamu berbicaralah, semoga Allah membalas padamu kebaikan, berbuat baiklah pada orang yang berbuat baik padamu.


Dan salam (dalam group majmuah watsab) hukumnya sama dengan seorang yang ketemu dengan mereka. Seandainya ada seseorang dari jama'ah membalas salamnya, maka gugur dosa, dan seandainya mereka membalas semuanya salam tersebut ini lebih baik


🖋️Jawaban Syaikh kami Hasan Bin Qasim Ar-raimy hafidzahullah :


[6/2 01:22] الشيخ حسن بن قاسم الريمي:

 وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 ان كانوا جماعة فيكفي البعض عن الكل وان ردوا جميعا فطيب وهو افصل


Kalau mereka jama'ah, maka balasan salam dari sebagian jama'ah, itu mencukupi dari semuanya, kalau semua anggota group membalas salamnya, itu hal yang baik dan lebih afdhal


📚 Selesai penukilan


✍🏻 Di susun oleh ; 


15 Rajab 1444 -6/2/2023


_Ikuti NashihatuLinnisa' di TELEGRAM_  

https://t.me/Nashihatulinnisa


Telegram: @ilmui

Twitter X: @ilmuisl

WA: ILMUI

https://il-mui.blogspot.com

#free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments