BUAT PARA WALI UNTUK BERHATI HATI DARI DAYYUTS

 ⏳BUAT PARA WALI UNTUK BERHATI HATI DARI DAYYUTS.

Dayyuts adalah kepala keluarga yang tidak punya kecemburuan pada keluarganya dengan membiarkan istrinya dan nanak anaknya untuk berbuat maksiat dan berada dalam suatu kemungkaran, sementara tidak ada peduli dan perhatian dari kepala keluarga atau walinya terhadap mereka dengan tidak memerintahkan kepada yang ma'ruf dan  tdak pula melarang mereka dari kemungkaran.

🖋️Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

ﻭﻫﻮ اﻟﺬﻱ ﻻ ﻏﻴﺮﺓ ﻟﻪ ، ﺑﻞ ﺇﺫا ﺭﺃﻯ ﻓﻲ ﺃﻫﻠﻪ ﺷﻴﺌﺎً ﻟﻢ ﻳﻨﻜﺮﻩ .

"Dayyuts adalah orang yang tidak memiliki ghirah (rasa cemburu pada keluarganya), bahkan jika melihat kemungkaran pada keluarganya, dia tidak mengingkarinya."

📚 Al-Mustadrak 1/211

Dan rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengancam dengan ancaman keras bagi suami atau wali yang membiarkan anak istrinya bermaksiat sebagaimana dalam hadits 

ﺛﻼﺛﺔٌ ﻻ ﻳَﺪﺧﻠُﻮﻥَ ﺍﻟﺠﻨﺔَ : ﺍﻟﻌﺎﻕُّ ﻟِﻮﺍﻟِﺪَﻳْﻪِ ، ﻭ ﺍﻟﺪَّﻳُّﻮﺙُ ، ﻭﺭَﺟِﻠَﺔُ ﺍﻟﻨِّﺴﺎﺀِ

“ Tidak masuk surga orang yang durhaka terhadap orang tuanya, dayyuts (suami yang membiarkan keluarganya bermaksiat), dan wanita yang menyerupai laki-laki ” (HR. Al Baihaqi dalam Al Kubra 10/226, Ibnu Khuzaimah dalam At Tauhid 861/2, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami’, 3063).

Maka yang wajib untuk para wali adalah menjauhkan keluarganya dari siksaan Allah yang akan menimpa pada mereka yang merupakan tanggung jawab dalam pemeliharaan dan penjagaan serta pendidikan.

🖋️Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menyatakan,

الله سبحانه وتعالى قد أوجب على الرجل أن يغار على أهله ويصونهم عن الفواحش، فإذا سكت عن تغيير ذلك كان ديوثاً، وهو الذي جاء فيه الحديث: «لا يدخل الجنة ديوث» وهو ضد الغيور

"Allah telah mewajibkan kepada seorang lelaki untuk memiliki rasa ghirah (rasa cemburu) terhadap keluarganya dan berusaha untuk menjaga mereka dari perbuatan keji. 

Maka jika dia (kepala keluarga ) hanya diam dari menghilangkan kemungkaran ( dengan tidak merubahnyab atau mencegahnya), maka dia teranggap sebagai dayyuts.

Dayyuts itulah yang telah disabdakan pada sebuah hadits,

'Dayyuts tidak akan masuk surga.'"

Dayyuts lawannya adalah orang yang punya rasa cemburu terhadap keluarganya.

📚 Jami' al-Masail 477/7

🖋️ Berkata Syaikhuna Al_Allamah Yahya Al_Hajury hafidzahullah : 

فمن حق المرأة على وليها أن يقيها عقاب الله بإبعادها عما حرم الله .

Maka dari haknya seorang wanita atas walinya adalah dia menjaganya (yakni wanita tersebut) dari siksaan Allah dengan menjauhkannya dari apa yang Allah haramkan.

📚 Hasydul adillah 'ala anna ikhtilat an_nisa bir_rijal minal fitan  hal 2

Abu Hanan As-Suhaily Utsman 

12 Dzulqa'dah 1444 - 1/6/2023

Ikuti NashihatuLinnisa' di TELEGRAM  

https://t.me/Nashihatulinnisa/10152


Telegram: @ilmui, https://t.me/ilmui

WA: https://whatsapp.com/channel/0029VaALfMAGJP8PEIsVk33P

Https://il-mui.blogspot.com

share #free, without #logo, without asking #donation, without #foundation

Komentar