Advertisement

Bagaimana bermuamalah dengan orang syiah?

 ❓ Bagaimana bermuamalah dengan orang syiah yang merupakan teman kerja atau tetangga?


✏Asy Syaikh Al allamah bin baz rahimahullaahu ta’ala ditanya :


أعمل مدرسًا، ولدينا مدرسون من الشيعة، وأنا أعمل معهم أريد منك النصيحة في المعاملة معهم؟


الجواب:

تنصحهم وتوجههم إلى الخير، وتعلمهم أن الرفض لا يجوز، وأن الواجب محبة علي والترضي عنه، لكن من دون غلو، لا يقال: إنه يعلم الغيب ولا إنه معصوم، ولا يدعى مع الله ولا يستغاث به، وهكذا الحسن وهكذا الحسين وهكذا جعفر الصادق وغيرهم، تعلمهم أن هذا هو الواجب، تنصحهم فإذا أصروا على البدعة فعليك أن تهجرهم، ولو أنهم معك في العمل تهجرهم ولا ترد عليهم السلام ولا تبدأهم بالسلام.

أما إذا لم يظهروا بدعتهم ووافقوك على الظاهر، فحكمهم حكم المنافقين، تعاملهم معاملة المنافقين لا حرج، مثل ما عامل النبي ﷺ المنافقين في المدينة، من أظهر الإسلام وكف عن الشر يعامل معاملة المسلمين، وأمره إلى الله في الباطن

 

من أسئلة حج عام 1415 هـ شريط 49 / 6، (مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز 28/ 266). 


✏Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menjelaskan cara bermuamalah dengan orang Syi’ah, 


“Engkau nasehati mereka dan engkau arahkan kepada kebaikan. Engkau beritahu mereka bahwa rafdh (ajaran rafidhah) tidak boleh dan yang merupakan kewajiban adalah mencintai Ali bin Abi Thalib dan ridha, akan tetapi tanpa ghuluw (berlebih-lebih menyikapi Ali, sebab ada yang menhanggapnya nabi, bahkan dijadikan sebagai sembahan, tambahan pent'). Tidaklah dikatakan bahwa Ali mengetahui hal yang ghaib, dan dikatakan ma’suum (tidak pernah salah), tidak di ibadahi bersama Allah (syirik) dan tidak dimintai pertolongan. Demikian juga Fatimah, Hasan, Husein, Ja’far As-Shadiq dan lainnya. Engkau ajarkan kepada mereka bahwa (aqidah yang benar) ini adalah wajib. Engkau nasehati mereka jika ia terus-menerus berada dalam bid’ah (kesalahan) ini, maka wajib bagi engkau (memboikotnya), walaupun mereka bersamamu dalam sebuah pekerjaan. Engkau boikot dia, jangan engkau jawab salamnya dan jangan kamu memulai salam pada mereka.


Adapaun jika mereka tidak menampakan bid’ah mereka dan bersesuaian dengan engkau secara dzhohir (karena melakukan taqiyyah, pura pura, misalkan tambahan pent') maka mereka dihukumi dengan orang munafik, bermuamalah dengan mereka sebagaimana bermuamalah dengan orang munafik, hal ini tidak mengapa. Sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap orang munafik di Madinah yang menampakkan keislaman, tahanlah diri dari kejelekan menggangu mereka (orang Syi’ah) yang bermuamalah dengan kaum muslimin. Adapun perkara batin mereka kita serahkan kepada Allah”.

📚 Majmu' Fatawa 28/266


6 Muharram 1440 


🌾 *من مجموعة نصيحة للنساء* 🌾


Ikuti NashihatuLinnisa' di TELEGRAM  

https://t.me/Nashihatulinnisa

Bagaimana bermuamalah dengan orang syiah yang merupakan teman kerja atau tetangga?


Telegram: @ilmui

Twitter X: @ilmuisl

WA: ILMUI

https://il-mui.blogspot.com

#free_share, #without_logo, #without_asking_donation, #without_foundation

Post a Comment

0 Comments